Fungsi Preferensi Penjualan Pada Accurate 5

Preferensi penjualan di Accurate 5 bisa Anda dapatkan dari modul Persiapan | Preferensi | Penjualan. Di sini banyak pengaturan yang berhubungan dengan proses penjualan.

Fungsi yang di atur di dalam preferensi ini antara lain :

  1. Pengaturan terhadap Harga Pokok Penjualan (HPP). Hubungannya jika saat terjadi penjualan, berbanding dengan harga pokok persediaan Anda, jika nilai jual lebih kecil dari harga modal barang tersebut maka ada 2 pengaturan yaitu peringatan atau blokir. Jika sifatnya blokir maka pilihan yang harus Anda pilih adalah : “Tampilkan kesalahan ketika harga jual dibawah HPP”. Jika yang ingin munculkan adalah sebuah peringatan maka pengaturan yang harus Anda pilih yaitu : “Tampilkan pesan ketika harga jual dibawah HPP”.
  2. Pengaturan terhadap Serial Number. Di dalam accurate 5 terdapat modul serial number. Nah untuk mengontrol serial number yang keluar pada proses penjualan tidak terinput double maka Anda perlu mengatur dengan mencentang : “Tampilkan peringatan jika jual barang dengan nomor seri yang sudah pernah dijual”.
  3. Pengaturan terhadap retur penjualan. Pada proses retur penjualan bisa terjadi retur terhadap transaksi yang sudah terinput di dalam accurate 5 atau retur terhadap transaksi yang sudah ada sebelum saldo awal di Accurate 5. Pada proses retur penjualan terhadap faktur yang sudah ada, terhadap pilihan yaitu antara “semua faktur penjualan” atau “faktur belum lunas”. Sedangkan untuk proses retur penjualan untuk faktur yang sudah ada sebelum saldo awal accurate 5, maka Anda harus mencentang pilihan : “Dapat mengisi barang apa saja di retur penjualan”. Nanti nya di proses ini akan muncul pilihan “Nihil” pada pengambilan nomor fakturnya. Tampilannya seperti pada gambar berikut ini : Untuk pengambilan nama barangnya pada bagian kode barang. Oleh karena itu, Anda harus menginput sendiri kuantitas dan nilai jualnya.
  4. Pengaturan pembayaran berlebih. Ilustrasinya, penjualan Anda sebesar Rp. 1.000.000 namun customer Anda membayarnya senilai Rp. 1.500.000. Untuk perlakuan ini, Anda tidak perlu merubah faktur penjualan Anda. Anda hanya cukup menginputnya di penerimaan penjualan dengan senilai Rp. 1.500.000. Nah untuk mencegah terjadinya kesalahan, maka di preferensi terdapat pengaturan ” Tampilkan pesan ketika terjadi pembayaran berlebih”.
Close Menu