Fungsi Preferensi Pembelian Di Accurate 5

Pada program accurate 5 memiliki pengaturan untuk pencatatan modul pembelian. Pengaturan tersebut dari preferensi yang ada di Accurate 5. Untuk cakupan preferensi pembelian, apa saja fungsi pengaturannya? Mari kita bahas satu persatu.

Pengaturan ini Anda dapat dari Persiapan | Preferensi | Pembelian.

Penjualan.

Pada bagian ini memiliki 2 pengaturan yaitu : 1. Gunakan pemasok terakhir dan 2. Tampilkan peringatan jika beli barang dengan nomor seri yang sudah pernah dibeli. Pengaturan pertama berfungsi jika saat Anda menginput pembelian yang baru akan muncul nama pemasok terakhir bukan dalam keadaan kosong. Sedangkan pengaturan kedua ini berfungsi jika modul nomor seri Anda aktifkan pada barang Anda. Sehingga saat nomor seri Anda sudah pernah terinput dan untuk pembelian berikutnya Anda tidak sengaja memasukkan nomor seri yang sama maka muncul peringatan.

 

Retur Pembelian.

Terdapat pilihan apakah retur pembelian yang akan Anda buat berdasarkan semua faktur yang sudah pernah terinput atau hanya berdasarkan faktur pembelian yang belum lunas. Pilihan “dapat mengisi barang apa saja di retur pembelian” berfungsi untuk pencatatan retur pembelian tidak harus berdasarkan nomor faktur yang sudah ada. Bisa dilakukan retur pembelian dengan memilih barang apa saja dan nilai berapa saja. Pilihan ini ditandai dengan munculnya tulisan “Nihil” saat perlakuan retur pembelian. 

Dengan pemilihan pencatatan retur pembelian berdasarkan “Nihil” maka Accurate akan membuatkan faktur pembelian baru. Untuk pengingat faktur pembelian dan nomor faktur berapa yang diciptakan, maka pilihan “Tampilkan konfirmasi saat akan membuat faktur pembelian” inilah yang berperan. Begitu juga informasi biaya nya, jika ingin di peringati maka Anda bisa mencentang pilihan “Tampilkan informasi biaya”.

 

Penerimaan Barang.

Biaya penerimaan barang memiliki pilihan : 1. Diperbaharui oleh tagihan, 2. Jangan diperbaharui oleh tagihan, 3. Perbaharui jika periode tanggal tagihan pertama sama dengan tanggal penerimaan. Artinya pengaturan ini berhubungan dengan jurnal yang muncul untuk pencatatan modul Penerimaan Barang. Jika pilihan pertama, maka saat ada pancatatan faktur pembelian berdasarkan penerimaan barang tersebut untuk tanggal berapa saja maka jurnal penerimaan barang akan berubah. Begitu juga jika pilihan kedua, maka jurnalnya tidak berubah walaupun sudah terbit faktur pembeliannya.

Close Menu