5 Kesalahan yang Membuat Bisnis Gagal

Kegagalan dlm berbisnis atau Bisnis Gagal adalah hal yang paling ditakutkan bagi para pebisnis, sehingga banyak masyarakat yang masih takut untuk memulai bisnis mereka. Sering anda dengar bahwa pengusaha atau wirausaha itu adalah orang-orang hebat dan harus berani mengambil resiko, baik atau buruk.

Menurut Small Business Association (SBA) hanya ada 30 % dari bisnis baru yang gagal pada tahun pertama, lalu sekitar 50% di thn kelima, 66% dalam sepuluh thn pertama dan hanya sekitar 15% pengusaha yang bisa menjalankan usahanya hingga 15 tahun keatas. Disini terlihat, bahwa konsistensi dalam berusaha wajib dikerjakan oleh setiap pebisnis, jika tidak konsisten bersiaplah untuk mengalami kebangkrutan bisnis atau gagal bisnis.

1. Tidak membuat perencanaan terlebih dahulu

Dalam dunia bisnis, sebelum memulai bisnis, Anda sbg pebisnis diharuskan untuk menyusun Bussiness Plan atau perencanaan bisnis. Hal ini ternyata sangat penting loh bagi kelangsungan bisnis yang akan dijalani, pasalnya dgn perencanaan yang matang bisa meminimalkan masalah yang akan terjadi pada usaha. Dengan adanya perencanaan, dapat menganalisis apa yang akan terjadi.

2. Sistem pemasaran yang salah

Promosi adalah ujung tombak dari usaha, jika bisnis Anda mempunyai sistem marketing yang salah, usaha Anda tidak akan berkembang. Ingat, pemasaran ini penting, terkadang banyak pengusaha yang berani mengeluarkan dananya besar-besaran di awal, namun untuk selanjutnya mereka tidak mempunyai modal lagi untuk marketing.

3. Manajemen yang dijalankan tidak sesuai

Dalam berwirausaha sangat dianjurkan mempunyai manajemen yang baik, baik dalam hal produksi, pemasaran, keuangan dan masih banyak lagi. Jika Anda menjalankan usaha dgn manajemen yang sesuai alias tidak asal asalan, bisnis yang kita jalankan pun akan lancar dan bahkan dapat bertahan hingga kurun waktu yang tidak sebentar. Namun bila tidak mempunyai manajemen yang baik, bersiaplah untuk mengalami kebangkrutan.

4. Pemilihan pegawai yang tidak sesuai

Ketika berwirausaha, Anda pasti memilih untuk menjalankannya sendiri terdahulu tanpa mengandalkan pegawai karena hal ini bisa meminimalkan dana yang dikeluarkan. Tetapi jika bisnis Anda adalah bisnis tambahan dan tidak ada yang mengurus, Anda sudah wajib harus merekrut pegawai.

5. Terlena dengan keuntungan

Hal terakhir yang menjadi penyebab bisnis bangkrut  adalah terlena dgn keuntungan atau pendapatan dari hasil usaha tsb. Tidak sedikit pebisnis yang ingin mendapatkan keuntungan berlipat dan tertarik untuk kemudian menghabiskan keuntungan tsb untuk kepentingan pribadi tanpa berpikir panjang lagi.

 

Close Menu