Pencatatan Proyek di Accurate Online

Pencatatan proyek bisa dilakukan di program accurate online. Namun versi proyeknya seperti pencatatan proyek general yang ada di modul accurate 5 deluxe edition.

Pencatatan proyek bisa Anda input dari modul Perusahaan | Proyek.

Pada program accurate online, pencatatan proyek bisa memiliki sub proyek. Dan juga bisa di kunci berdasarkan cabang. Sehingga pencatatan nya untuk proyek tertentu bisa untuk cabang tertentu saja. Sehingga tingkat kesalahan untuk penginputan biaya per proyeknya bisa diminimalisir kan.

Untuk mengatur penyelesaian proyek di dalam program accurate online melalui tabulasi “Lain-lain”. Begitu juga untuk data pelanggan dan tanggal mulai ataupun tanggal selesainya. Sedangkan untuk saldo awal, Anda bisa menginputnya dari tabulasi “Saldo awal” yang ada di master proyek tersebut.

Saat teransaksi penjualan berdasarkan proyeknya maka Anda harus menginput proyeknya pada saat pemilihan nama barangnya yang akan muncul 1 jendela baru. Anda menginputnya dari modul penjualan. Tampilannya seperti gambar di bawah ini :

Begitu juga pencatatan nya jika Anda hendak menginput transaksi biaya. Anda bisa menginput proyek ini bisa dari modul pembayaran, jurnal umum, ataupun dari faktur pembelian dengan status tipe barangnya non persediaan. Dan untuk pemilihan proyeknya juga akan muncul saat Anda memilih akun yang berhubungan dengan laba rugi.

Untuk masalah laporannya, berbeda dengan program accurate 5, di accurate online laporan proyek tidak memiliki laporan tersendiri. Jika Anda ingin melihat laporan laba rugi per proyeknya, maka Anda bisa melihatnya dari Laporan | Daftar Laporan | Laporan Keuangan | Laba rugi proyek. Sedangkan untuk melihat rincian nilainya, Anda bisa melihatnya dari histori akun dengan menampilkan proyeknya. Untuk menampilkan proyeknya Anda bisa dengan memodifikasi laporan tersebut dan keluarkan field proyeknya dari kolom data. Dan centang pada kolom digunakan.

Modul proyek ini juga bisa Anda gunakan jika ada transaksi Anda yang ingin kontrol pendapatan dan biayanya. Contohnya ada pekerjaan untuk pengadaan barang. Di dalam pengadaan barang, tidak selalu yang menjadi bebannya adalah modal barang tersebut. Terjadi biaya-biaya lain seperti perjalanan dinas, ongkos angkut, dan sebagainya. Nah pengerjaan ini bisa Anda catat di proyek accurate online.

 

Close Menu