4 Mitos ‘Sesat’ tentang Software Akuntansi yang Salah Kaprah

Akuntansi merupakan salah satu ilmu keuangan yang pengaplikasiannya sangat luas. Tak hanya digunakan di dunia kerja, prinsip akuntansi juga penting untuk mengatur keuangan bisnis kecil (UKM). oleh karena itu kesempatan pekerjaan bagi orang yang menguasai ilmu ini pintu selalu terbuka lebar. Namun, sekarang ini ada yang menganggap bahwa ilmu akuntansi akan hilang tergerus zaman oleh kehadiran software akuntansi. Padahal itu, hanyalah sebuah mitos sesat tentang software akuntansi.

Namun, kini ada anggapan bahwa kemampuan akuntansi mulai tergantikan oleh kemunculan software akuntansi yang hebat. Anggapan tsb hanyalah mitos keliru yang salah kaprah sebagai berikut ini:

Software Akuntansi Menggantikan Peran Akuntan

Anda tak perlu khawatirkan keberadaan program akuntansi yang kini mulai banyak dipakai. Faktanya, penggunaan program akuntansi tak akan menggantikan peran akuntan. Karena akuntan masih sangat diperlukan untuk mengelola flow keuangan perusahaan secara akurat. Bahkan, keberadaan akuntan modern juga penting utk menjalankan program akuntansi dengan cara yang tepat. Sehingga penggunaan program akuntansi akan meminimalkan beban kerja akuntan secara signifikan.

Transparansi dan Pengelolaan Alur Keuangan Menjadi Rumit

Prinsip dasar cara pakai program akuntansi adalah implementasi teknologi modern yang canggih dan simpel. Itulah sebabnya penggunaan program tsb justru akan meningkatkan visibilitas dan transparansi pengelolaan laporan keuangan. Pebisnis dapat memeriksa flow keuangan bisnisnya secara gampang dan real time. Akses untuk masing-masing user program akuntansi juga dapat dibatasi sesuai wewenangnya. Hal ini akan membuat program akuntansi lebih aman dari risiko manipulasi data.

software akuntansi

Hanya Bermanfaat Bagi Perusahaan Besar

Bukan hanya bisnis besar yang membutuhkan program akuntansi. Bidang bisnis lain seperti UKM dan Menengah (UMKM) juga butuh dukungan program hebat tersebut. Penggunaan program akuntansi adalah bentuk aset jangka panjang yang berperan sbg aset bisnis. Karena pengelolaan keuangan yang tertata rapi merupakan modal awal utk mengembangkan bisnis di masa yang akan datang.

Data-Data Keuangan Rentan Hilang

Anda tak perlu was-was dgn tingkat proteksi data pada program akuntansi. Jika Anda mengandalkan program akuntansi berkualitas, risiko kehilangan data penting bisa minimalisir. Sistem server yang bertingkat akan melindungi keberadaan data-data yang sudah disave.

 

Close Menu