Mengenal Bisnis Dropship dan Catat Transaksi

Mengenal bisnis Dropship membuat bisnis online menjadi sangat akrab di masa kini. Disaat ini banyak pemasok yang menawarkan penjualannya dengan cara sistem reseller dan dropship. Cara reseller adalah cara penjualan di mana pemasok menjual produknya melalui orang lain tetapi untuk reseller harus membeli produk tersebut, dan pihak supplier akan mengirimkan foto, video, dan media lainnya yang dapat dipakai reseller untuk sharekan di online shop masing-masing.

Keunggulan Dropship

Sistem dropship memiliki keistimewaan sendiri seperti:

  1. salah satu itu hemati biaya dan tempat persediaan, pihak penjual pun tak perlu menyimpan barang stok maka tidak ada pengeluaran biaya sewa tempat atau keamanan gudang.
  2. Aman, efisien, dan murah, penjual juga akan dimudahkan karena dia akan membeli produk atau barang pada saat ada transaksi pembelian. Berhubung Adanya software online jadi penjual tidak memikirkan modal karena uang akan dikirim oleh pembeli dulu.

Kelemahan Dropship

Selain keunggulan, dropship juga mempunyai kelemahan diantaranya pihak penjual tidak tahu kondisi barang yang akan dikirm. Padahal jika buyer protes akan ditunjukkan kepada penjual bukan kepada supplier-nya.

Cara Mencatat Transaksi Dropship

Setelah mengetahui keunggulan dan kelemahan dropship, sekarang saatnya Anda mengetahui cara mencatat transaksi dropship. Bagaimana cara mencatatnya? Di bawah ini akan kami jelaskan lebih dalam tentang cara mencatat transaksi bisnis dropship.

a. Membuat Daftar Supplier dan Produk

pertama buatlah daftar mengenai produk dan supplier yang detail, ini juga memudahkan Anda dalam mengontrol toko online. Anda juga dapat membuat daftar pada excel.

b. Penjualan & Pembelian

Disaat ada pesanan dari buyer atau dengan kata lain ada melakukan penjualan maka dicatat sebagai penjualan. Selain itu boleh dicatat juga metode pembayaran yang memakai kas atau kredit. Transaksi ini maksudnya adalah di saat Anda memiliki pemesanan barang dan pembayarannya ke supplier. Catat transaksi tersebut diikuti metode pembayarannya.

Dengan Accurate, Anda juga dapat mengontrol penjualan dan pembelian, diikut utang dan piutang supplier dan pelanggan. Anda juga dapat lebih gampang mengelola dan memonitor semua transaksi pembelian dari supplier, dan melihat status pembelian kapanpun.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi marketing executive WINCENT 081370293985.

Close Menu