Membuat Laporan Arus Kas Dengan Benar

Laporan arus kas biasa disebut dengan laporan keuangan yang membagikan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan pada suatu periode. Untuk itu, dalam penyusunan dibutuhkan data dan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas. salah satu contoh, pendapatan dicatat sebagai arus kas masuk, adapun pendapatan yang dimaksud adalah pemasukan tunai.

Umumnya kegiatan yang dijalankan perusahaan akan dicatat dalam laporan cash flow mengikut klasifikasinya. Seperti yang kita tahu, laporan cash flow memiliki tiga bagian yang sesuai dengan kegiatan yang dilakukan seperti arus kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pembiayaan. Berikut di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara membaca laporan  cash flow.

Pahami Perbedaan Kas dan Laba

Laporan keuangan biasanya mempunyai laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, dan arus kas. Jadi sekarang ini yang mau dijelaskan hanya laporan laba rugi dan cash flow, mengapa? Karena sebagian orang dan mungkin salah satunya Anda memiliki anggapan bahwa laba yang membuahi hasil dalam laporan laba rugi adalah kas. Ini adalah hal yang salah, jadi kita perlu pahami bagian yang tidak sama antara kas dan laba. Kas adalah salah satu aset yang sifatnya lancar. Jadi laba dapat disebut sebagai keuntungan yang diperoleh perusahaan dari aktivitasnya atau kegiatan operasionalnya. Perlu diketahui, tidak semua laba bentuknya adalah kas.

Laporan Arus Kas

Kas Dari Aktivitas Operasi

Aktivitas operasi adalah kegiatan awal dari perusahaan untuk membuahi hasil, dan dengan langsungnya berhubungan dengan kas. Sebagian besar aktivitas operasi berawal dari penjualan produk atau jasa. Selain itu, pendapatan juga bisa dari pembayaran kontrak dagang, royalti, komisi juga digolongkan kan pada aktivitas ini.

Sekarang Anda sudah mengerti bahwa laporan arus kas adalah laporan yang penting. Hal ini karena kas sangat berhubungan dengan keseluruhan laporan keuangan. Untuk membantu Anda melakukan transaksi dan membuat laporan arus kas dengan rapi, Anda dapat pakai Accurate software  akuntansi online. Accurate dapat memudahkan membuat laporan dengan instan, cukup dengan mengisi informasi dan data-data keuangan bisnis Anda, Accurate akan menghitung otomatis.

Untuk informasi lebih lanjut boleh bertanya-tanya langsung dengan Marketing executive ( Wincent No hp: 081370293985), terima kasih sekian dari saya untuk  informasi laporan arus kas.

 

Close Menu