Pencatatan Komisi Penjual di Accurate Online

Komisi penjual merupakan fitur terbaru untuk menghitung komisi dengan perhitungan tertentu terhadap tenaga penjual sebagai upah.

Hal ini juga bisa tercatat di program Accurate Online. Sehingga Anda tidak harus lagi direpotkan untuk hal pemberian komisi kepada penjual barang Anda.

Adapun cara pencatatannya dimulai dari mengizinkan fitur penjualnya aktif. Cara aktifkan nya yaitu dari modul Pengaturan | Preferensi | Fitur. Pada bagian penjualan, Anda centang bagian ” Tenaga Penjual “seperti yang tampak pada gambar di bawah ini :

Setelah selesai Anda klik “Simpan”.

Anda harus mengatur syarat komisi di dalam program Accurate Online untuk tenaga penjual Anda.

Input nama perhitungan komisi yang hendak Anda buat. Setelah itu Anda pilih apakah syarat komisi yang hendak Anda buat ini berlaku untuk tenaga penjual tertentu atau semua tenaga penjual Anda. Pada program accurate online berlaku komisi untuk lebih dari satu tenaga penjual. Jadi Anda bisa membuat perhitungan komisi ini untuk tenaga penjual kesatu atau kedua bahkan bisa untuk sales kelima. Syarat komisi penjualan ini juga bisa Anda buat perlakuan nya hanya untuk beberapa barang. Bahkan bisa syarat komisi nya untuk per kategori barang. Nah pastinya Anda harus mengatur master barang Anda per kategori barang. Dan bisa juga mencatat hitungan komisinya berdasarkan supplier barang Anda.

Lalu selanjutnya Anda masukkan syarat perhitungannya apakah berdasarkan nilai penjualannya, kuantitas barang tersebut, bahkan Anda bisa membuatnya langsung tanpa batasan. Perhitungan nilai komisinya jika Anda memilih :

  1. Persentase. Persentase komisinya memiliki 2 perhitungan yaitu persentase dari nilai penjualan atau persentase dari laba kotor barang tersebut.
  2. Nilai Tetap. Ini berisikan nilai komisi, contohnya Rp. 5.000. Dimana nilai tetapnya berdasarkan faktur atau kuantitas barang yang dijualnya.

Setelah semua nya sudah oke, maka Anda harus memasukkan nama karyawan pada modul : Perusahaan | Karyawan. Karena karyawan tersebut Anda kategorikan sebagai tenaga penjual Anda, maka pada bagian “Penjual” Anda harus mencentangnya. Ketika semua sudah oke, maka Anda bisa lanjutkan langkahnya ke pencatatan penjualannya. Anda masukkan lah tenaga penjual Anda ke dalam transaksi faktur penjualan Anda.

 

Close Menu