5 Kesalahan Marketing yang Sering Dilakukan dalam Perusahaan

Menyusun strategi marketing untuk kebutuhan promosi bisnis serta mendapatkan penjualan adalah hal yang tidak dapat dianggap sepele. Dalam sebuah bisnis, marketing dan sales ibarat kaki yang berjalan bersamaan untuk membawa pikiran atau suatu ide ke tujuan akhirnya, dalam hal ini adalah penjualan dan laba. Tidak jarang, fungsi utama dari pemasaran dan penjualan ini mengalami pergeseran akibat kesalahan-kesalahan yang kemungkinan dilakukan Kesalahan Marketing. Berikut ini adalah konsep kesalahan pemasaran menurut Priscila (2016) yang mungkin masih terjadi dalam perusahaan Anda.

Kesalahan Marketing Memasarkan yang Belum Anda Wujudkan

Hal ini sama halnya dgn sebuah kampanye produk yang bersifat fiktif dan memberi harapan palsu. Memasarkan sesuatu yang belum tersedia, sebenarnya termasuk ke dalam kesalahan mendasar dalam pemasaran. Kampanye pemasaran yang sukses akhirnya akan berlalu dgn percuma karena tidak sejalan dgn operasi yang menampung serta memenuhi request yang mulai berdatangan, entah itu dari segi pegawai yang tidak memenuhi kualifikasi maupun barang yang belum tersedia. Pelanggan akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan nama merk serta kredibilitas pemasaran dan penjualan menjadi buruk.

Tidak Mempunyai Penyusunan Strategi yang Matang

Percaya penuh bahwa barang dan jasa yang Anda hasilkan adalah barang dan jasa terbaik adalah sah-sah saja. Tetapi bahkan sebuah barang dan jasa yang baik tidak akan terjual dengan sendirinya tanpa sebuah strategi  yang matang. Anda harus mengetahui semua hal tentang target pasar dan segmentasi market yang ingin dituju oleh produk tsb. Mengetahui siapa yang akan membeli barang dan jasa Anda, berapa besar labanya, apa kesukaannya, apa saja profesinya, dan sbgnya adalah sangat penting untuk sebuah proses segmentasi yang relevan dan marketing yang tepat.

Tidak Konsisten dengan Merk

Merk adalah segalanya. Jangan pernah mengubah posisi merk perusahaan yang Anda wakili karena tipe audience yang berbeda-beda, pergantian tools pemasaran atau lewat presentasi Anda. Hal ini akan membuat merk Anda dianggap tidak mempunyai konsistensi. Samakan versi yang Anda pahami mengenai merk dgn versi asli dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand Anda agar calon pelanggan tidak kebingungan.

Marketing yang Tidak Terintegrasi dgn Usaha Penjualan

Mempunyai program atau materi pemasaran yang baik tanpa adanya keterhubungan dgn proses penjualan dan ritme pekerjaan tim pemasaran adalah kesalahan lain yang umum dikerjakan oleh para pemasar. Usaha dan anggaran yang dikerahkan untuk membuat program pemasaran terkadang menjadi sia-sia karena tidak adanya komunikasi dgn tim pemasaran mengenai cara penjualan yang ingin diterapkan. Buatlah komunikasi sehat tentang semua proses penjualan yang harus dijalankan. Buatlah kesamaan visi agar proses pemasaran berjalan lancar.

Tidak Menggunakan Marketing Mix Secara Efektif

Terlalu berfokus hanya pada satu sistem pemasaran untuk melakukan promosi hanya akan mendatangkan sedikit prospek menjanjikan. Berbeda dengan jika Anda menerapakan marketing mix.  Menggunakan strategi marketing mix sama halnya dengan memanfaatkan berbagai cara pemsaran yang tersedia untuk membuka kesempatan lebih banyak dalam mendatangkan prospek penjualan.  Tanpa memakai marketing mix. Anda membatasi perspektif pelanggan mengenai merk Anda serta perspektif Anda sendiri mengenai jenis pemasaran apa yang paling sesuai dengan merk perusahaan.

Close Menu