Cara Mencatat Transaksi Keuangan Bisnis

Aktivitas penting yang mesti dikerjakan oleh perusahaan adalah mencatat transaksi keuangan bisnis dengan rapi. Mencatat transaksi adalah suatu hal dasar untuk proses akuntansi. Kalau tidak melakukan pencatatan di transaksi yang sudah dikerjakan tentu Anda tidak dapat melakukan laporan keuangan. Hal yang kita tahu, laporan keuangan adalah suatu kewajiban bagi perusahaan untuk stakeholder-nya.

Beberapa langkah untuk catat transaksi keuangan dengan mudah dapat dilakukan sebagai berikut:

Mengumpulkan Bukti-Bukti Transaksi

Contoh utama yang harus dikerjakan yaitu mencatat transaksi dan mengumpulkan seluruh bukti transaksi yang telah dilakukan. Bukti transaksi merupakan hal yang sangat diperlukan karena awalan untuk mencatat transaksi. Dan contoh dari bukti transaksi bagaikan faktur , nota, bukti penerimaan, bukti pembayaran, kuitansi, akte, surat perjanjian, wesel, cek, dan transaksi lain.

Identifikasi Keaslian Bukti

Untuk bukti yang sudah terkumpul itu bukan berarti tercatat semua. Bukti yang di perbolehkan untuk pembukuan mesti yang asli. Jadi langkah selanjutnya  setelah mengumpulkan bukti yaitu pastikan keaslian bukti transaksi itu. Langkah kedua ini adalah hal yang terpenting karena prosesnya berhubungan dengan proses audit. Jika Anda diketahui mencatat transaksi dengan bukti yang palsu itu sangatlah fatal.

Melalui Prosedur yang Benar

Seperti yang kita tahu, akuntansi adalah salah satu proses untuk melakukannya Anda juga harus mengikuti langkah tahapan secara baris dan benar.

Menjurnal Transaksi

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menjurnal transaksi. Supaya proses pencatatan efisien, jadi lebih baik selalu catat disetiap transaksi di jurnal setelah transaksi sudah proses. Jangan tunggu transaksinya dikumpul  lama karena penyebabnya bisa lupa catat transaksi. Jadi harus cepat catat maka Anda juga dapat mencegah terjadinya salah saat mencatat dalam buku besar.

Memindahkan Catatan ke Buku Besar

Buku besar adalah salah satu catatan ditransaksi yang digolongkan tepat dengan akunnya. Dengan postingkan jurnal dalam buku besar akan sangat mudahkan Anda untuk mengerjakan laporan keuangan. Agar sebaiknya Anda jangan terlalu lalai dalam mengerjakan buku besar.

 

Dengan accurate, hanya diperlukan mencatat semua transaksi di sistem, dan accurate akan membantu Anda membuat laporan keuangan dengan mudah. Accurate juga digolongkan mempunyai  berbagai fitur lain yang bisa membantu Anda dalam mengelola bisnis dimulai dari buat faktur secara efisien, mengontrol kondisi keuangan di mana saja.

Untuk informasi lebih dalam, Anda dapat menghubungi Marketing Accurate : Wincent 081370293985.

Close Menu