Karakteristik Laporan Keuangan Dibuat

Laporan keuangan Adalah satu bentuk pertanggung  jawaban perusahaan kepada para penopang kepentingannya. Karakteristik Laporan adalah satu laporan informasi keuangan suatu entitas yang bisa menggambarkan kinerja entitas tersebut di suatu periode akuntansi. Laporan keuangan dibuat dengan tujuan menyajikan informasi tentang kinerja perusahaan dan bermanfaat untuk mengambil keputusan bisnis. Selain daripada itu, laporan keuangan juga mempunyai sifat transparansi dan akuntabilitas perusahaan/entitas/organisasi.

Relevan

Maksud dari relavan disebut laporan keuangan yang di dalam harus berisi informasi yang berhubungan dengan keputusan pengguna dan membantu mereka mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini dan dapat prediksi masa depan.

Andal

Supaya informasi dalam laporan keuangan yang didapatkan bisa dipercaya dan andal, jadi penyajian informasi pada laporan keuangan harus dikerjain menurut peraturan atau pedoman yang berlaku. Selain dari itu, laporan keuangan bisa juga disajikan dengan menyeluruh. Seperti yang kita tahu, informasi dalam laporan keuangan mesti bebas dari pengertian dan kesalahan material, memberikan informasi secara jujur dan dapat diverifikasi. Jadi informasi yang relevan tidak mencukupi karena tidak bisa diandalkan. Jadi demikian, informasi yang ada pada laporan keuangan yang sesat dan bisa merugikan pemakai laporan keuangan.

Dapat Dibandingkan

Butuh untuk diketahui bahwa laporan keuangan yang dimulai juga harus punya perbandingan dengan perusahaan lain. Ini juga berguna untuk bisa menilai perusahaan Anda. Supaya bisa dibandingkan dengan perusahaan lain maka sistem, pedoman, dan kebijakan akuntansi yang dipakai mesti sama. Selain buat perbandingan dengan perusahaan lain, laporan keuangan juga harus buat perbandingan antar tahun. Untuk perbandingan antar tahun, maka penyajian laporan keuangan perusahaan paling banyak harus disajikan dalam dua periode.

Dapat Dipahami

Laporan keuangan juga memiliki karakter kualitatif yang bisa dipahami. Adapun untuk pemahaman yang dimaksud ini adalah pemakai umum. Tidak juga untuk pihak manajemen saja, tapi juga untuk masyarakat yang ingin mencari tahu dan pahami. Informasi di dalam laporan keuangan juga menunjukkan untuk dipahami jika semua pengguna mengerti dan memahami isi informasi yang ada di laporan keuangan. Jadi, salah satu manfaat dari laporan keuangan yaitu membantu dalam memutuskan yang bisa tercapai. Untuk mengurangi payahnya membuat laporan keuangan yang dapat membanding maka laporan keuangan harus dibuat menurut pedoman dan standar yang tertuju secara umum.

Close Menu