5 Strategi Sukses Menghadapi Persaingan Bisnis UKM

Menjalankan Bisnis UKM apapun pasti akan dihadapkan pada sebuah persaingan bisnis. Untuk menanggapi tantangan dan menghindari adanya kegagalan, maka para pelaku Bisnis UKM membutuhkan strategi yang jitu untuk dapat bersaing dari ketatnya persaingan. Berikut ini adalah beberapa strategi usaha terbaru  yang bisa dikerjakan untuk memasarkan produk Anda.

Perkuat Brand Bisnis UKM

Strategi Marketing untuk mencapai keberhasilan Bisnis UKM yang pertama adalah tentang nama brand. Bukan tentang seberapa besar laba yang dapat dicapai, atau seberapa banyak keuntungan yang dapat dicapai dalam jangka waktu dekat. Hal terpenting di sini adalah seberapa besar brand dan produk mempunyai potensi untuk menghasilkan omset dalam jangka waktu yang panjang. Dengan memperkuat nama brand, usaha Anda akan lebih mudah dikenali dan secara tidak langsung akan mudah dipilih oleh pelanggan untuk mewakili produk-produk sejenis.

Mengetahui Pesaing Bisnis

Tidak ada hal lain yang lebih sulit daripada mencoba menyelami dan mengetahui lebih dalam tentang pesaing yang menjadi kompetitor dalam berusaha. Mengetahui kompetitor bisnis, berarti mengetahui apa kekuatan dan kelemahan pesaing Anda. Dari kelebihan yang dipunyai kompetitor Bisnis UKM, Anda dapat mencontek dan mengembangkannya. Sedangkan, kekurangan dari kompetitor usaha akan membuat Anda untuk mempunyai dan tidak jatuh pada lubang yang sama.

Aktif Berpromosi

Promosi erat kaitannya dgn penguatan brand produk dan meningkat nilai di mata pelanggan. Semakin efektif nilai marketing dan promosi yang Anda jalani pada bisnis ukm, maka semakin besar pula kesempatan laba yang akan Anda capai. Promosi produk untuk meraih keberhasilan saat ini tidaklah terlalu payah.

Kenali Kebiasaan Konsumen

Pelanggan adalah raja. Mereka ibarat udara yang membuat usaha Anda bisa tetap hidup dan survive. Untuk memberikan service yang terbaik, Anda perlu mengetahui kebiasaan dari pelanggan dalam membeli produk. Dengan mempelajari kebiasaan mereka, maka secara tidak langsung Anda dapat merangkul pelanggan menjadi lebih erat, sehingga pelanggan dapat menjadi lebih loyal dan nyaman. Kondisi seperti itulah yang berpotensi untuk menghasilkan laba lebih banyak dalam jangka waktu yang lebih lama.

Gunakan Internet Marketing

Para pelanggan cenderung ingin berbelanja dalam ruang yang lebih privat dan terhindar dari keramaian. Internet membuka peluang bagi Anda untuk berinovasi. Anda bisa menampilkan produk usaha pada website, blog, facebook, dan situs lainnya, dengan memasang foto-foto yang sekiranya dapat menarik pelanggan, Anda juga bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan tanpa dibatasi ruang dan waktu pada Bisnis UKM

Close Menu