Model & Konsep Kepuasan Pelanggan

Model & Konsep Kepuasan dalam sebuah bisnis adalah yang terpenting bagi pelanggan dengan tujuan yang harus dicapai. Model & Konsep Kepuasan Kepuasan pelanggan juga bisa memastikan keberlangsungan perusahaan. Pembeli yang puas pasti membeli dan memakai jasa/produk tersebut kembali dan biasanya mereka akan mempromosikan produk atau jasa tersebut. Jadi, tidak heran kalau kini para pengusaha pada bersaing  untuk meraih kepuasan pelanggan.

Teori dan konsep kepuasan pelanggan yang bisa mempermudah untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan dari produk atau jasa Anda. Walaupun model-model yang ada sekarang masih belum mendapatkan kesepakatan internasional tetapi seiring waktu berjalan dengan kemajuan zaman, model dan konsep tersebut pasti akan meluas hingga mendapatkan yang efektif dan terbaik. Menurut Pawwitra (1993), contoh kepuasan customer yang paling banyak dipakai adalah sebagai berikut.

Teori Ekonomi Mikro

Untuk teori ekonomi, seorang konsumen yang melakukan alokasi sumber daya akan memakai dasar di mana perbandingan antara kegunaan marginal dan harga masing-masing produk pasti bisa menjadi sama. Semua konsumen juga membayar barangnya dengan harga yang sama. Tapi, pasti juga ada konsumen yang berani membayar dengan harga yang lebih tinggi kalau pelanggannya dapat kegunaan subyektif.

Kegunaan subyektif ini yang umumnya di jelaskan dengan surplus konsumen. Surplus konsumen merupakan suatu ketidak samaan kepuasan yang akan didapat konsumen pada saat konsumsi atau menggunakan barang/jasa dengan harga yang harus dibayar untuk dapati barang tersebut. Dengan contoh lain, semakin banyak kepuasan konsumen maka semakin luas surplus konsumen.

Tetapi, didapati komentar atas konsep tersebut. Ini karena surplus konsumen cuma bisa menimbangkan kuantitas, kalau aspek lain seperti kualitas, pelayanan, kemasan, dan seterusnya itu tak bisa dipertimbangkan. Sehingga dalam ekonomi mikro, surplus konsumen tetap belum bisa dapat dijelaskan sebagai konsep kepuasan pelanggan.

Konsep Kepuasan Pelanggan dari Perspektif TQM

Total Quality Management (TQM) itu dijuluki sebagai suatu pendekatan atau usaha dalam menjalankan bisnis yang sedang memaksimalkan daya saing perusahaan dari perbaikan terus menerus dari produk, jasa, sumber daya manusia, proses dan lingkungannya. Sehingga TQM bisa juga menjadi sebuah strategi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dengan cara yang mendukung kualitas perusahaan.

Demikian sampai disini artikel tentang penjelasan konsep kepuasan pelanggan. Salah satu cara untuk menambah kepuasan pelanggan yaitu dengan merubah kualitas produk jadi lebih berkualitas ataupun pelayanan. Hal ini tentu nya butuh biaya-biaya tambahan, contohnya biaya marketing dan promosi. Untuk mengelola biaya perusahaan, Anda juga membutuhkan software akuntansi. Di mana, dengan software akuntansi online dapat membantu Anda lebih mudah menghitung dan mengelola hal keuangan yang terjadi, mulai dari pendapatan, pengeluaran, penjualan, arus kas.

Untuk Informasi lebih lanjut silahkan hubungi (Marketing Resmi) Wincent: 081370293985.

Close Menu