Penyebab & Strategi Perusahaan Menghadapi Inflasi

Inflasi adalah masalah yang sering mengenai kestabilan ekonomi suatu negara. Dampaknya ini juga sangat berdampak ke semua bidang, bukan hanya ekonomi saja bahkan negara lain pun ikut terkena dampaknya dari negara lainnya. Ada beberapa masalah yang muncul seperti turunnya nilai mata uang, kenaikan harga, perkembangan pengangguran, penurunan kesejahteraan, hilangnya investasi, dan masih banyak lagi . Layaknya lingkaran setan, maka harus segera di perbaiki sebelum menimbulkan lagiĀ  berbagai macam masalah yang lebih banyak.

Sebelum mendiskusikan lebih jauh, mari kita kenali definisinya itu sendiri. suatu kondisi di mana harga-harga secara umum terjadi kenaikan. sebenarnya, hal itu merupakan indikator untuk melihat tingkat perubahan dan dianggap terjadi kalau proses kenaikan harga terjadi secara terus menerus dan saling mempengaruhi.

Penyebab InflasiĀ 

secara umum dikarenakan oleh dua faktor yakni faktor alami dan faktor buatan. Inflasi alami artinya adalah terjadi tanpa adanya suatu kebijakan atau praktik tertentu. Inflasi alami terjadi sesuai hukum ekonomi supply demand, di mana pada waktu permintaan banyak tetapi penawaran jumlahnya stabil. Sementara inflasi buatan adalah yang sengaja dibuat untuk manusia secara sistemik. Biasanya dikerjakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau curang. Contoh dengan cara menimbun barang.

Cara Menghadapi Inflasi

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, besarnya akibatnya ini perlu membuat kita untuk memiliki rencana untuk menghadapinya. Apabila untuk sebuah perusahaan, di mana struktur dan kegiatannya kompleks berhubungan dengan banyak pihak mulai dari pemasok, konsumen, masyarakat, karyawan atau buruh, dan masih ada lagi pihak-pihak lainnya. Maka harus membuat strategi. Berikut dibawah ada beberapa cara yang dapat perusahaan lakukan untuk menghadapi inflasi:

  1. Efisiensi biaya internal, dan ada juga biaya internal ini seperti biaya listrik, biaya administrasi, dan jenis biaya lainnya.
  2. Menekan biaya produksi, biaya operasional dan biaya pemasaran. Ketiga biaya itu yang tidak efektif dan tidak penting sebaiknya dikurangi.
  3. Mengerjai inovasi dan variasi produk. Dengan mengerjakan inovasi dan variasi maka diharapkan untuk penjualan terus beroperasi.

 

Close Menu