Mengenal Strategi Fleksibilitas Harga

Tahukah Anda kalau membeli barang/produk dengan jenis yang sama di 2 kota yang berbeda? Apakah harganya sama? Harga suatu barang dengan tipe yang sama biasanya akan berbeda, misal harga handphone di Jakarta lebih murah daripada jika Anda membelinya di Medan. Hal ini karena jenis yang berada di Medan harus melewati proses distribusi yang lebih panjang. Dalam dunia bisnis ini, hal ini selalu terjadi. Penetapan tersebut diketahui dengan istilah ‘strategi fleksibilitas harga’. Pernah dengar dengan istilah strategi fleksibilitas harga? Ilustrasi di atas itu adalah contoh untuk menjelasin strategi fleksibilitas harga. Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa melihat penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Strategi Fleksibilitas Harga

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk membeli satu produk, pembeli biasanya akan lihat harganya dulu. Sementara fleksibel adalah suatu sifat di mana itu berhubungan dengan posisi terhadap suatu keadaan. Jadi, dengan cara sederhana, strategi fleksibilitas harga adalah suatu strategi harga yang bisa memposisikan dalam suatu keadaan. Strategi fleksibilitas harga dapat dipakai untuk memutuskan harga suatu barang atau produk yang berbeda pada pasar dan bermacam atas dasar geografis, jam pengiriman, dan kompleksitas barang.

Jenis Strategi Fleksibilitas Harga

Strategi fleksibilitas memiliki 1 macam, yaitu strategi satu harga. Berikut penjelasannya:

1. Strategi Satu Harga

Strategi satu harga juga disebut sebagai harga tunggal. Di strategi ini, perusahaan memutuskan harga yang sama untuk setiap pembelian yang sama dengan QTY dan Quality yang sama. Selain itu, kondisi pasar yang sedang terjadi juga sama. Biasanya perusahaan yang memakai strategi itu adalah perusahaan dengan penjualan dan distribusi yang nilainya sangat banyak. Tujuan dari strategi ini untuk mendapatkan goodwill dan mempermudah perusahaan untuk memutuskan harga. Namun, untuk menerapkan cara ini, perusahaan juga harus penuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Ada analisis terperinci tentang posisi perusahaan dan struktur biaya untuk bandingkan dengan industri secara menyeluruh.
  2. Tersedia informasi yang berhubungan dengan variabilitas harga di penawaran harga yang sama pada setiap pembeli.
  3. Adanya pengertian skala ekonomis yang terdapat untuk perusahaan.
  4. Tersedia juga informasi mengenai harga yang persaingan, yakni dengan harga yang sanggup dibayar oleh pembeli.
Close Menu