Setiap Jenis Aset untuk Kemudahan Pengelolaannya

Masikah Anda ingat dengan persamaan dasar akuntansi dan Jenis Aset? Persamaan dasar akuntansi yakni Harta (Aset) = Utang (Kewajiban) + Modal. Jika melihat sinonim tersebut, harta mempunyai hubungan erat dengan modal dan utang. Hal ini karena untuk mendapati suatu aset, Anda juga bisa memakai modal atau utang ataupun gabungan dari keduanya. Selain itu juga, ketiga jenis akun itu juga sama dengan elemen-elemen yang ada di dalam laporan neraca.

Dalam topik artikel kali ini, Mari kita bahas lebih dalam mengenai aset. Seperti yang kita ketahui, harta adalah komponen paling penting dalam perusahaan. Dapat diketahui semua perusahaan pasti mempunyai aset untuk hal operasional. Selain itu, hal lain seperti investasi dan pembiayaan juga ikut berhubungan dengan harta. Tanpa keberadaan harta di suatu perusahaan, maka operasional perusahaan tidak bisa berjalan.

Untuk sebagian orang yang bekerja di bagian akuntansi, harta bukanlah hal yang masih baru untuk didengar. Tapi, apakah Anda Mengerti? Terlebih untuk sebagian orang yang tidak bekerja pada bagian akuntansi. Berikut pratinjau tentang penjelasan dan beberapa  aset yang bisa membantu Anda mengerti lebih dalam.

Pengertian Aset

Berdasarkan PSAK No. 16 Revisi Tahun 2011, harta adalah seluruh kekayaan yang dipunyai oleh pribadi ataupun kelompok yang berwujud maupun tidak berwujud, yang memiliki nilai akan mempunyai manfaat bagi setiap orang atau perusahaan. Sementara, Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) mengartikan harta(aset) sebagai sumber daya yang di kontrol oleh perusahaan sebagai akibat dari kejadian yang terjadi pada masa lalu dan asal mula datangnya manfaat ekonomi masa depan yang diharapin mempunyai kegunaan bagi perusahaan. seiring dengan pengertian tersebut IFRS /International Financial Reporting Standards (2008). Dari beberapa kesimpulan, dapat dimengertikan bahwa harta adalah semua kekayaan kepunyaan perusahaan maupun individu yang memiliki potensi kegunaan ekonomi di masa depan.

Karakteristik Aset

Harta mempunyai karakteristik perbedaan dengan komponen laporan keuangan lainnya. Sehingga Anda juga dapat mengetahui aset dengan melihat karakteristiknya. Adapun 3 karakteristik aset yaitu:

  1. mempunyai kegunaan ekonomi yang didapat untuk masa yang akan datang.
  2. Dikontrol oleh perusahaan.
  3. Hasil dari jual beli atau kejadian dimasa lalu.
Close Menu