Manfaat Laporan Arus Kas Bagi Investor & Kreditor

Statement of cash flow atau yang dikenal dengan laporan arus kas itu disebut dengan suatu komponen dari laporan keuangan yang memberikanĀ  informasi untuk penerimaan dan pengeluaran kas yang terjadi pada suatu periode tertentu. Laporan aliran kas adalah salah satu laporan wajib yang harus dikerjakan oleh seorang pengusaha, entitas, organisasi, atau perusahaan.

Untuk memulai buat suatu laporan arus kas, Anda juga harus memenuhi dua data penting, yaitu catatan penerimaan kas dan catatan pengeluaran kas. Catatan penerimaan kas ini macam pendapatan tunai, investasi yang transaksinya secara tunai. Sementara catatan pengeluaran kas juga di ikuti dengan pengeluaran atas beban-beban yang dibayar, pengeluaran untuk investasi dengan tujuan ekspansi bisnis juga masuk pada kegiatan ini.

Selain juga di anggap sebagai kewajiban, laporan aliran kas ini juga dibuat karena mempunyai banyak kegunaan yang akan diperoleh. Salah satu nya yaitu mengkontrol posisi keuangan dengan cepat dan mudah. Jika arus kas bersih akan menunjukkan angka positif dan ituĀ  artinya perusahaan mendapatkan keuntungan atau laba dan kalau menunjukan angka negatif berarti perusahaan mengalami defisit. Selain itu, bagi Anda yang juga keinginan mendapatkan modal tambahan dari investor atau kreditor, laporan arus kas juga bisa jadi informasi penting yang bisa dijadikan dokumen pendukung untuk menilai sebuah perusahaan. Di bawah ini adalah 1 manfaat laporan arus kas untuk Anda yang berkeinginan mengajukan pinjaman modal atau mendapatkan investasi bisnis.

Kemampuan Perusahaan Menghasilkan Kas di Masa Depan

Tujuan laporan keuangan adalah memberikan informasi yang bisa dipakai untuk memprediksi masa depan. Pada laporan arus kas ini, investor atau kreditor dapat dilihat dari hubungan antar kegiatan pada perusahaan. Contohnya, menampilkan pendapatan yang dihasilkan pada periode berjalan dengan arus kas bersih dari kegiatan operasional. Selain itu juga, investor dan kreditor juga bisa melihat arus kas dari aktivitas operasi dengan penurunan atau kenaikan kas. Dengan gitu, mereka bisa cukup lebih mudah menilai kemampuan perusahaan untuk bisa menghasilkan kas di masa depan. Di contoh lain, mereka juga dapat mem-forecast jumlah aliran kas yang bisa juga hasilkan untuk periode berikutnya.

Close Menu