5 Cara Menemukan Ide Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

Pada dasarnya, mendapatkan ide bisnis tidaklah payah. Jika dicermati lebih lanjut ada banyak cara yang bisa dikerjakan untuk menangkap ide – ide brilian tsb. Lalu bagaimana cara mendapatkan ide hebat untuk bisnis yang berbeda? Berikut beberapa metode untuk mendapatkan ide bisnis untuk memulai usaha :

Lakukan Riset Bisnis & Produk

Pada dasarnya, mendapatkan ide bisnis tidaklah payah. Akan tetapi, banyak pengusaha pemula yg kesulitan utk mendapatkan sebuah ide bisnis. Padahal, jika diteliti lebih lanjut ada banyak cara yang dapat dikerjakan untuk menangkap ide – ide brilian tsb. Jika Anda masih kebingungan dan membutuhkan petunjuk, berikut ini adalah beberapa metode yang dapat dipakai untuk menangkap ide bisnis yang tepat bagi Anda.

Lakukan Riset Bisnis & Produk

Cara ini adalah cara terukur, dimana ide bisnis yang dicari dapat diperoleh melalui riset dan persentase yang dikerjakan untuk memastikan jenis bisnis dan produk yang banyak diterima pasar. Riset bisnis ini bisa dikerjakan dgn bantuan teknologi digital. Misalnya dgn mencari kata kunci melalui Google Trend untuk mengetahui tren bisnis pada suatu lokasi melalui angka pencarian informasi tertinggi dan persentase.

Serap Ide dari Masalah Setiap Orang

Setiap orang pasti mempunyai masalah dan setiap masalah pasti membutuhkan solusi. Masalah – masalah yang pada awalnya bersifat personal rupanya telah banyak dikembangkan dan menginspirasi untuk menjadi ide bisnis cemerlang untuk banyak pengusaha sukses. Contoh nyata paling sederhana adalah bisnis laundry. sulitnya mencari jasa asisten rumah tangga bagi para ibu-ibu bekerja banyaknya dan anak kuliah yang tidak sempat mengurus cucian, membuat munculnya jasa laundry menjadi solusi paling jitu untuk mengatasi masalah tsb.ddddddddddd

Belajar dari Kesuksesan Usaha Orang

Bisnis yang sukses dan mampu bertahan dalam jangka waktu lama pasti mempunyai keunggulan yang patut dipelajari. Dari sana, Anda dapat menfilter dan mengaplikasikannya sebagai ide bisnis  yang hendak dimulai. Tapi menduplikasi sebuah usaha yang sukses tidak harus sama persis. Jangan lupa untuk mencermati, meniru, dan memodifikasi usaha tsb agar bisnis yang akan Anda tekuni sedikit berbeda, mempunyai ciri khas, dan mempunyai nilai lebih dari usaha yang sudah ada.

Belajar dari Kekurangan Kompetitor

Mendapatkan ide untuk bisnis ternyata dapat temukan dari kelemahan pesaing. Anda dapat menelusuri social media atau website usaha yang mempunyai produk atau layanan serupa dgn usaha yang ingin Anda fokukskan.

Ikuti Perkembangan Tren

Tren adalah hal yang banyak digeluti oleh sekolompok orang pada satu waktu. Oleh karena itu, sebuah ide usaha yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menjaring pelanggan dalam waktu singkat.

Selanjutnya, jika usaha telah Anda punyai dan ide usaha yang Anda terapkan sudah mulai berjalan, maka jangan lupa untuk mengelola finansial dgn baik dan mempunyai mitra pengelola keuangan seperti accurate. Dgn accurate, Anda bisa lebih mudah membuat laporan keuangan, mengelola aset dan persediaan, hingga membuat dan mengirim faktur lebih mudah dan cepat.

Close Menu