Pengertian Akuntansi Perbankan dan Prinsip Dasar

Bank adalah lembaga keuangan seperti yang kita kenal. posisinya banyak di sekitar kita. Bahkan di setiap kegiatan kita setiap harinya terhubung dengan perbankan. Bermulai dari Bank Indonesia sebagai bank sentral yang menyebarkan uang, tabungan, bahkan pengeluaran uang yang kita keluarkan dari bank. Terlebih lagi pada era sekarang di mana transaksi dapat dikerjakan dengan memakai sistem online, jasa perbankan menjadi sangat penting untuk kehidupan manusia.

menekankan kepada pengertiannya, bank juga termasuk dalam lembaga keuangan. Maka itu, didapati kewajiban bagi perbankan untuk mengerjakan pelaporan keuangan. dalam arti perbankan juga harus melakukan proses akuntansi. tetapi, jenis kegiatan jasa perbankan yang punya perbedaan dengan perusahaan lain pada umumnya juga membuat akuntansi pada perbankan juga berbeda. Untuk mengenal lebih dalam tentang akuntansi perbankan, berikut ini penjelasannya.

Definisi Akuntansi Perbankan

Akuntansi merupakan suatu kegiatan dimulai dari mencatat, menganalisa, dan mengerjakan pelaporan dari transaksi keuangan yang sudah terjadi. Tidak jauh beda dengan akuntansi yang dikerjakan oleh perusahaan lain, pada biasanya proses akuntansi pada perbankan juga sama. Dan perbedaannya itu pada aliran kas yang masuk dan keluar pada perbankan tidak sama dengan jenis perusahaan lainnya. Ini disebabkan pada jenis kegiatan dari sendiri menghimpun dan menyalurkan kembali uang yang mereka peroleh.

Selain itu, ada bermacam istilah yang terdapat di akuntansi perbankan juga berbeda. Perbedaannya  yang mencolok dapat juga dilihat dari harta bank, utang bank, dan modal. Tidak seperti pada definisi aset pada umumnya, Aset pada perbankan seperti penempatan dan penyimpanan dana dalam kredit, penanaman dana aktiva tetap dan dana lainnya juga beda. Sementara itu modal bank terdiri dari modal saham, premium saham, laba ditahan dan laba tahun berjalan. Dan hutang bank meliputi dana pinjaman, dana masyarakat dan dana lainnya.

Untuk mengsusun laporan keuangan atau akuntansi perbankan, Anda juga bisa menggunakan PAPI. PAPI merupakan singkatan dari  Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia. PAPI mengatur khusus transaksi perbankan. Dan dasar hukum PAPI adalah Surat Edaran Bank Indonesia Nomor 11/4/DPNP.

Prinsip Dasar Akuntansi Perbankan

Berdasarkan dari penjelasan di atas, maka dapat kesimpulan sebenarnya akuntansi perbankan sama dengan akuntansi pada umumnya hanya terdapat beberapa macam penyesuaian untuk suatu hal. Dan terdapat 1 prinsip akuntansi perbankan yang perlu dipahami:

Pencatatan Pendapatan Berbasis Cash

Seperti yang sudah dijelaskan, pendapatan utama perbankan bermula dari kredit yang disalurkan ke masyarakat. Pendapatan bank juga mempunyai hubungan berbanding lurus antara waktu dan tingkat bunga. Jadi semakin lama waktu pemakaian kredit dan semakin besar juga tingkat bunga yang ada maka itu pendapatan bank juga semakin besar. Hukum tsb juga berlaku ceteris paribus atau sebaliknya.

Untuk informasi lebih boleh hubungi no: 081370293985 wincent (Marketing Resmi Medan)

Close Menu