Mengenal Lebih Tentang Kas di Akuntansi Bisnis

Anda pasti sudah sering mendengar mengenai kas. Cash atau kas itu adalah tunai atau dibayar secara langsung tanpa berutang. tetapi, dalam akuntansi, dan mempunyai arti Kas di Akuntansi Bisnis. Kas adalah salah satu golongan aset yang memiliki sifatnya paling lancar. Semakin besar nominalnya, maka semakin lancar.

Pengertian Kas

Menurut dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), kas adalah salah satu investasi yang dapat bersifat sangat lancar, mempunyai jangka pendek, dan juga bisa dengan cepat dijadikan kas dalam jumlah tertentu tanpa harus menghadapi risiko yang bisa merubah nilai yang signifikan. Lebih lanjut, IAI mengatakan bahwa kas terdiri dari saldo kas (cash on hand), rekening giro, atau setara kas.

Karakteristik Kas

Jadi untuk mengetahui perbedaan kas dengan aset lain, Anda dapat mengetahuinya dengan pahami karakteristik atau ciri-ciri kas. Berikut ini karakteristik kas yang harus diketahui:

  1. Aset perusahaan yang paling lancar.
  2. Merupakan standar pertukaran yang umum.
  3. Dapat diketahui basis perhitungan dan pengukuran.

Pembagian Kas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kas juga dapat dibagi jadi beberapa bagian. Adapun pembagian tersebut memiliki tujuan untuk memudahkan  pengawasan dan proses pemeriksaaan yang berhubungan dengan distribusi dari aliran kas. Anda dapat juga dapati pembagian kas ini pada buku besar perusahaan. Dan, jika Anda melihat laporan keuangannya kas sudah menjadi satu secara umum. Sehingga pengguna laporan keuangan yang masih awam dengan akuntansi dapat lebih mudah untuk memahaminya. Di dalam perusahaan, kas dibagi menjadi 2 yaitu:

1.kas kecil

Kas kecil adalah yang berupa uang yang disediakan oleh perusahaan untuk membayar pengeluaran-pengeluaran yang jumlahnya lumayan kecil dan tidak ekonomis jika bayar dengan memakai cek.

2. Kas di bank

Kas di bank merupakan uang perusahaan yang ada di rekening bank. umumnya dipergunakan untuk pembayaran yang jumlahnya lumayan besar dan tidak memungkinkan diberikan secara langsung dalam transaksi karena jumlahnya yang besar dan rawan dari segi safetynya. Kas di bank ini memiliki hubungan dengan rekening koran dari bank untuk perusahaan.

Untuk kesuksesan dan kejayaan dalam bisnis, Anda tentu juga harus didukung  dalam keuangan yang baik. Teliti dalam penghitungan, pelaporan dan analisa keuangan adalah kegiatan untuk mendukung. Jurnal adalah software akuntansi online dengan macam-macam fitur yang memudahkan dalam mengerjakan akuntansi, mulai dari membuat laporan keuangan, perhitungan biaya, mengolah stok dan pelaporan pajak menjadi lebih efisien.

Close Menu