Laporan Neraca Saldo Yang Tidak Balance

Laporan neraca saldo merupakan salah satu jenis macam laporan keuangan yang mesti dibuat oleh pengusaha ataupun entitas bisnis. Seperti yang kita ketahui, Neraca saldo harus (balance), di mana saldo akun pada sisi debit jumlahnya harus sama dengan saldo akun di sisi kredit. Jika neraca saldo tidak balance, itu artinya terdapat kesalahan pada neraca tersebut. Perlu diketahui juga, neraca yang balance belum pasti betul tetapi neraca yang benar pasti balance.

Kesalahan yang Mungkin Terjadi dalam Neraca Saldo

Tidak balancednya saldo neraca umumnya disebabkan karena  ada kesalahan. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang mungkin terjadi:

a. Kesalahan menyusun neraca saldo

Kesalahan yang dinyatakan di sini seperti: salah dalam menjumlahkan saldo, salah menulis angka, atau salah mencatat akun di debit dan kredit.

b. Salah menghitung perkiraan

Contoh kesalahan yang kedua adalah salah dalam cara menghitung perkiraan. Sebelum membuat neraca saldo yang tetap, benar, dan fix, maka jumlah yang ada di neraca adalah jumlah perkiraan. Hal ini terjadi biasanya karna masih ada penyesuaian yang dikerjakan oleh perusahaan. Neraca saldo yang tidak balance umumnya juga terjadi karena disebabkan  salah dalam menghitung perkiraan.

c. Salah posting pada buku besar

Kesalahan yang sangat memungkinkan terjadi adalah jika saldo neraca tidak balance yakni salah pada waktu mem-posting akun di buku besar, contohnya sepantasnya akun tersebut masuk ke dalam golongan akun aset di buku besar tetapi pada saat posting dimasukan ke dalam golongan pasiva (misalkan: piutang ke utang, atau sebaliknya). Selain itu kesalahan yang terjadi kemungkinan karena salah dalam mengerjai jurnal.

Accurate, Accurate Online, Program Pembukuan, Software Akuntansi

Cara Meninjau Balance Sheet yang Tidak Balance

Selepas itu Anda ketahui tidak stabil maka Anda perlu untuk segera melakukan kontrol. karena, jika Anda tidak langsung meninjaunya dan memperbaikinya akan berdampak sangat kacau terhadap laporan keuangan global perusahaan. Proses akuntansi pasti akan terganggu sampai dengan kesalahan ditemukan dan Anda harus membuat penyesuaian laporan  ataupun koreksi atas kesalahan laporan tersebut. 

Close Menu