Fungsi Fitur Klaim Pemasok di Accurate Online

Ada tambahan lagi untuk modul baru di Accurate Online dalam hal pembelian. Modul terbaru itu adalah Klaim Pemasok. Fungsi modul ini berbeda dengan modul retur pembelian.

Secara stok proses klaim pemasok memang mengurangi namun secara neraca, proses ini tidak berkurang. Proses ini juga tidak mengurangi nilai hutang. Anggapannya perlakuan ini hannya mengurangi stok nya saja.

Adapun perlakuan ini Anda harus awali dengan membuka fiturnya. Karena saat Anda di awal pembuatan database, fitur Klaim Pemasok ini tidak ada. Proses pembukaan pengaturannya dari modul : Pengaturan | Preferensi | Fitur. Anda disuruh memilih dan menjelaskan hasil pemilahan Anda.

Setelah selesai, Anda klik simpan. Pengaturannya sudah bisa dimulai.

Perbedaan perlakuan Retur Pembelian dengan Klaim Pemasok, yaitu :

  1. Retur Pembelian menimbulkan pengurangan hutang pemasok sedangkan Klaim Pemasok tidak
  2. Klaim Pemasok menganggap keluar dan masuk barang, sedangkan Retur Pembelian hanya terjadi pengeluaran stok dan untuk pengembalian stok nya harus menginput modul faktur pembelian.
  3. Retur Pembelian bisa menginput harga sehingga jika terjadi perbedan nilai barang yang di retur dengan nilai persediaan yang di sistem maka dibebankan ke “beban pokok penjualan”. Sedangkan proses Klaim Pemasok tetap mengakui persediaan neraca dengan nilai persediaan berdasarkan metode persediaan yang terbentuk.

Adapun tahapan penginputan Klaim Pemasok yaitu :

  1. Masuk ke modul Pembelian | Klaim Pemasok
  2. Pilih tipe klaimnya : “Kirim Barang”
  3. Masukin nama pemasoknya.
  4. Pilih nama barang yang ingin di klaim beserta dengan kuantitasnya.

Ketika barang datang maka di program accurate online Anda harus input proses terima barangnya. Dan untuk prosesnya, caranya yaitu :

  1. Buka kembali proses Klaim Pemasok dari modul : Pembelian | Klaim Pemasok.
  2. Pilih tipe klaimnya yaitu : Terima Barang
  3. Saat Anda pilih terima barang maka akan muncul satu jendela baru.
  4. Pilih nomor klaim barang yang sebelumnya Anda input pada saat proses pengeluaran stok klaim.
  5. Jika sudah oke maka akan muncul nama barang dengan kantitas yang di keluarkan. Dan jika kuantitasnya tidak sama dengan saat pengeluaran barang, maka Anda bisa rubah kuantitas barang yang diterima dari proses klaimnya.

 

Close Menu