Mengenal Akuntansi Biaya di Perusahaan

Mengenal Akuntansi biaya perusahaan. Akuntansi biaya adalah hal yang perlu diketahui. Akuntansi Biaya adalah salah satu cabang akuntansi yang merupakan alat manajemen dalam memonitor dan merekam transaksi biaya secara sistematis, dan juga menyajikan informasi biaya ke dalam bentuk laporan biaya. Walaupun tidak menguasainya, setidaknya Anda juga harus mengetahui cara kerja dan penerapannya di macam-macam jenis perusahaan yang berbeda.

Akuntansi Biaya

Dengan pengertian, akuntansi biaya adalah suatu kegiatan atau aktivitas yang berupa catatan, pengklasifikasian, pembuatan, hingga pelaporan semua transaksi atau biaya yang terjadi dari proses produksi sampai dengan distribusi atau penjualan produk dan jasa. Tujuan akuntansi biaya sendiri merupakan sumber informasi tentang semua pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Yang selanjutnya informasi pada akuntansi biaya ini akan dipakai untuk membantu pengambilan keputusan untuk pengelolaan perusahaan. Sesudah itu, akuntansi biaya juga adalah alat tanggung jawaban perusahaan kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Siklus Akuntansi Biaya

Sebelum kita bahas mengenai aplikasi akuntansi biaya di macam-macam jenis perusahaan, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu tentang siklus akuntansi biaya secara umum. Siklus akuntansi biaya terdiri dari beberapa tahap, yaitu:

  1. Penentuan harga bahan pokok produksi. Biaya yang dihitung di tahap ini mencakup harga atau biaya dari bahan baku utama yang di belanja tambah dengan biaya pembelian bahan yang dibutuhkan pada saat proses produksi.
  2. Perhitungan biaya bahan yang di belanja untuk tenaga kerja langsung.
  3. Perhitungan biaya overhead pabrik pada saat produksi berlangsung.
  4. perhitungan harga jual produk atau jasa.

Penerapan Akuntansi Biaya di Perusahaan

a. Akuntansi Biaya Perusahaan Jasa

Seperti yang kita ketahui, perusahaan jasa mempunyai karakteristik yang berlainan dengan perusahaan dagang atau manufaktur yang menjual barang dagangan atau memproduksi barang dagangannya. Perusahaan jasa hanya membagikan jasa/pelayanan untuk pelanggannya. Dan aktivitas dalam perusahaan jasa yaitu antara lain yakni proses persiapan penyedia jasa sampai penggunaan jasa dan terakhir pembayaran jasa oleh pelanggan.

Oleh sebab itu, siklus akuntansi biaya perusahaan jasa menghitung sampai dengan persiapan pemberian jasa dan ditutup dengan pemberian harga pokok jasa yang dibagikan. Sampai dengan laporan keuangan pada perusahaan jasa menunjukkan data harga pokok jasa yang dipakai oleh pelanggan. Data tersebutlah yang akan jadi informasi untuk menentukan langkah atau keputusan yang akan diterima oleh perusahaan.

Close Menu