6 Konsep Marketing Mix

Marketing Mix (bauran pemasaran) adalah strategi pemasaran yang bisa menetapkan keberhasilan perusahaan dalam mengejar laba(keuntungan) maksimal dengan cara meningkatkan jumlah customer dan meningkatkan omzet karena memakai semua alat- alat pemasaran dalam sebuah perusahaan yang terdiri dari konsep 6P, yaitu products, price, promotions, place, partisipant, process, physical evidence. Di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkapnya

Marketing Mix : Produk (Products)

pada dasarnya produk merupakan segala bentuk hasil usaha  yang ditawarkan ke pasar untuk dipakai atau dikonsumsi sehingga bisa memenuhi keinginan  dan kebutuhan  penduduk. Jika Anda ingin berhasil menjalankan strategi marketing mix, Anda harus dapat membuat dan menghasilkan produk atau jasa dengan keunikan vs kualitas  tersendiri. Dengan begitu, produk atau jasa Anda secara otomatis dapat memenangkan persaingan di pasaran.

Harga (Price)

Harga yang dimaksud adalah sejumlah dana yang harus dibayar oleh user atau pelanggan anda untuk mendapatkan barang dan jasa yang Anda tawarkan. Dengan kata lain, seseorang akan menggunakan membeli produk atau jasa   yang  ditawarkan, jika biaya yang dikeluarkan (yaitu uang dan waktu) sesuai dengan manfaat yang ia ingin kumpul dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan tsb. Terkait poin ini, fokus Anda adalah bagaimana caranya agar dapat membuat pelanggan atau calon pembeli potensial merasa pengeluarannya sesuai dengan apa yang dia hasilkan.

Tempat (Place)

Konsep ini berfokus pada lokasi atau tempat  di mana perusahaan Anda berjalan. Di mana, semakin strategis tempat usaha Anda, semakin besar juga laba yang akan diraih perusahaan. Dengan lokasi yang strategis, konsumen, calon pelanggan, atau dapat lebih mudah menemukan dan menjangkau bisnis Anda. Sehingga transaksi penjualan lebih gampang terjadi.

Promosi (Promotions)

Strategi marketing mix ini bertumpu pada masalah promosi bisnis, seperti  cara memasarkan barang dan jasa. Media apa yang dipakai, dan sebagainya. Promosi adalah salah satu strategi marketing yang mempunyai tujuan penjualan.

Orang (Participants)

Faktor sumber daya manusia (SDM)  sangat menentukan maju atau tidaknya sebuah perusahaan. Tak dapat kita hindari bahwa faktor ini berpengaruh penting dalam membuat suatu kemunduran ataukemajuan  bahkan  dari suatu perusahaan.

Pertanyaan-pertanyaan terkait, apakah karyawan tersebut mempunyai performance tinggi atau bahkan sebaliknya. Apakah karyawan tsb loyal atau sebaliknya, apakah karyawan tersebut mampu menservice pelanggan dgn baik atau sebaliknya akan ikut membantu kesuksesan sebuah perusahaan jasa di pasaran.

Proses (Process)

Proses di sini mencakup cara perusahaan menservice permintaan tiap pelanggannya. Mulai dari konsumen Pesan (order) hingga endingnya mereka mendapatkan apa yang mereka wujudkan. Beberapa perusahaan tertentu biasanya memiliki cara yang unik atau khusus dalam melayani pelangganya. Seperti halnya di suatu cafe, ada beberapa restoran yang memberikan fasilitas “open kitchen”, di mana pelanggan dapat melihat tiap proses pembuatan makanan yang mereka order.

 

Close Menu