Cara-cara mengembangkan bisnis sebuah perusahaan melalui penjualann

Melihat penjualan stagnan bahkan semakin menurun pasti membuat perasaan tidak karuan. Ini menuntut kita untuk menjawab berbagai pertanyaan : Bagaimana cara meningkatkan penjualan di masa kini? Bagaimana langkah mengembangkan bisnis dan memajukan perusahaan agar lebih besar dan sukses di masa kini?

Adapun cara untuk mengembangkan bisnis berjalan lancar dan sukses :

  1. Membuat Value Proposition Yang Jelas
  2. Membangun Brand Identity Yang Kuat
  3. Tingkatkan Kinerja SDM
  4. Lakukan Inovasi Yang Berkelanjutan
  5. Dukung Dengan Teknologi

Value propositon adalah nilai tambah suatu perusahaan yang dibuat untuk menjadi alasan mengapa customer harus memilih produk kita. Jadi, kita tidak sekedar memenuhi kebutuhan pelanggan, namun juga memberikan keuntungan yang lebih pada produk yang kita jual. Value proposition dapat berupa kualitas produk, pelayanan yang responsif, kemasan yang unik, pengiriman cepat, dan lainnya. Tujuannya dari proses ini adalah agar customer lebih memilih membeli produk kita dibandingkan kompetitor.

Anda dapat menemukan value proposition dengan menggali masalah dari customer yang antara lain : apa kebutuhan mereka, sehingga produk Anda dapat menjadi problem solving. Kesimpulan value proposition meliputi :

  1. Produk Anda harus dapat menjawab permasalahan customer
  2. Memberikan benefit yang spesifik
  3. Customer lebih memilih produk Anda dibandingkan pesaing

Brand Identity mengartikan produk atau perusahaan Anda. Ketika customer melihat logo, slogan, atau warna dari produk Anda maka mereka dengan cepat akan bisa menebak bahwa itu adalah Anda. Brand Identity harus melekat pada produk/perusahaan Anda. Konsepnya harus unik dan mudah diingat.

Brand identity tidak hanya sekedar logo namun juga merupakan aspek visual yang lebih menggambarkan bagaimana brand Anda. Beberapa elemen visual dari brand identity yaitu :

  • Logo
  • Warna
  • Font/Typography
  • Sistem Desain
  • Icon
  • Photography/Graphic

Jika produk Anda itu-itu saja dan tidak ada pembaruan kemungkinan customer Anda akan berpindah ke kompetitor Anda. Anda perlu melakukan inovasi untuk melakukan penyempurnaan pada produk dan layanan Anda.

Pekalah terhadap kompetensi pasar apa yang dapat Anda explore dan menjadi nilai tambah untuk kemajuan produk Anda. Selalu jawab kebutuhan konsumen Anda melalui inovasi Anda tersebut. Dengan inovasi berkelanjutan yang terus menerus, bisnis berkembang dan berdampak pada peningkatan penjualan.

Close Menu