Kenali Istilah Fraud atau Kecurangan dalam Akuntansi

Kecurangan dalam akuntansi, ada dua jenis kesalahan yaitu kecurangan (fraud) dan kekeliruan (error) yang mengandung unsur ketidaksengajaan  yang bisanya memang disengaja untuk menaikkan harga saham perusahaan. Fraud adalah prilaku curang yang dilakukan sedemikian rupa, sehingga menguntungkan diri sendiri, kelompok, atau pihak lain (perorangan, institusi atau perusahaan).

Faktor Penyebab Terjadinya Kecurangan dalam Akuntansi

Adapun beberapa faktor yang mendorong seseorang untuk melakukan kecurangan dalam akuntansi adalah:

1. Faktor General atau Umum

Merupakan faktor yang berhubungan dengan organisasi sebagai korban tindakan kecurangan, Faktor ini meliputi:

a.  Kesempatan (Opportunity)

Peluang untuk melakukan tindakan kecurangan tergantung pada posisi jabatan pelaku terhadap objek kecurangan. Umumnya, manajemen suatu suatu perusahaan memiliki peluang yang lebih besar untuk melakukan kecurangan daripada karyawan. Tetapi, perlu diperhatikan kesempatan melakukan kecurangan akan selalu ada pada setiap level kedudukan.

b.  Pengungkapan (Exposure)

Terungkapnya suatu kecurangan dalam  perusahaan  belum menjamin tidak terulangnya kecurangan tsb, baik oleh pelaku yang sama maupun yang  lain. Oleh sebab itu, setiap pelaku kecurangan seharusnya dikenakan sanksi apabila perbuatannya diketahui.

2.  Faktor Individu

Faktor ini berhubungan dengan individu sebagai pelaku kecurangan yang terdiri dari:

a.  Ketamakan (Greed)

Ketamakan berhubungan dengan moral seseorang. Pandangan hidup dan lingkungan sekitar berpengaruh dalam pembentukan karakter dan moral seseorang.

b.  Kebutuhan (Need)

Berhubungan dengan pandangan dan keperluan  karyawah atau pejabat yang terkait dengan aktiva yang dipunya perusahaan, organisasi, atau instansi  tempat dia bekerja. Selain itu, tekanan yang dihadapi dalam bekerja dapat menyebabkan orang yang  jujur mempunyai modus untuk melakukan fraud.

Untuk mencegah terjadinya kecurangan fraud  di dalam akuntansi, ada baiknya Anda memiliki sistem pembukuan keuangan dan aset bisnis sejak dini. Accurate adalah software pengelolaan keuangan yang dilengkapi dengan sistem pengelolaan aktiva dan persediaan barang dagan yang mendukung keuangan bisnis Anda agar terhindar dari kemungkinan kecurangan (fraud). Dapatkan semua informasi tentang accurate di sini, dan mempunyai pengelolaan keuangan yang baik tanpa harus melakukan tindakan kecurangan. Program accurate merupakan software akuntansi siap pakai yang siap membantu anda.

Close Menu