Jenis-Jenis Transaksi Perusahaan Jasa

Didapat karakteristik yang bermacam-macam dari perusahaan jasa. Sebagaimana yang diketahui, bisnis ini sistemnya adalah layanan, maka barangnya tidak berbentuk fisik. Oleh karena itu anggarannya sulit untuk dihitung. Selain itu, jika Anda perhatikan perusahaan jasa tidak mengasihkan informasi harga pokok dari jasa yang dijualnya. Pada saat Anda pergi laundry pakaian, apakah penjual atau pemberi jasa akan sampaikan harga mesin cuci yang mereka gunakan? Pastinya  tidak, bahkan kalau  ada akan menjadi asing. Ya, ini karena transaksi perusahaan jasa dan harga pokok barang bukan menggambarkan satu kesatuan.

Sama kisahknya dengan macam-macam perusahaan yang lain, perusahaan jasa membuat transaksi dalam kegiatan operasionalnya. Namun, transaksi yang dikerjai juga menepatkan dengan jenis kegiatan yang dilakukan. Transaksi pada perusahaan jasa sangat beda dengan yang dilakukan oleh perusahaan lain. Mungkin ada bener  sama, untuk transaksi umum  pastinya sama, tetapi berawal dari kegiatan utamanya yang dijalankan sangat berbeda. Sehingga tidak ada salahnya untuk mengetahui jenis-jenis transaksi apa saja yang dilakukan oleh perusahaan jasa. Berikut uraiannya:

Pembelian

Transaksi pembelian yang kadang-kadang dilakukan oleh perusahaan jasa yaitu berbentuk pembelian peralatan dan perlengkapan kerja. Untuk memenuhi pelayanan yang baik dan memuaskan maka perusahaan harus menyiapkan peralatan dan perlengkapan untuk mendukung operasionalnya. Setiap transaksi pembelian harus di ingat dengan baik dan benar karena dalam waktu kedepan, perusahaan akan mencatat transaksi lain yang berkaitan dengan transaksi pembelian yang dilakukan. Contohnya, pada saat ini Anda membeli mesin cuci maka periode depan Anda akan buat transaksi seperti perawatan, penyusutan. Jadi transaksi pembelian tidak boleh dihiraukan.

 

Pendapatan

Seperti halnya perusahaan lain, perusahaan jasa dimulai juga dengan tujuan untuk mendapat keuntungan. Pendapatan dari perusahaan jasa yakni pendapatan dari layanan yang telah dikasihkan. Oleh karena itu, untuk pengusaha jasa akan selalu mencoba membagikan pelayanan yang terbaik, sehingga pelanggan merasa senang dan bisnis terus berjalan. Transaksi pendapatan juga wajib dicatat dalam pembukuan perusahaan baik dalam bentuk tunai maupun kredit.

Pembayaran Beban-Beban

Selain menggunakan uang untuk membeli keperluan seperti peralatan dan perlengkapan, untuk membantu operasionalnya perusahaan jasa juga mengeluarkan beban. Adapun beban-beban itu adalah suatu kewajiban maka Anda harus membayarnya. Contoh beban yang biasanya digunakan seperti beban tagihan listrik, telepon, internet, administrasi, dan beban-beban lainnya.

Close Menu