5 Kebiasaan Penganggaran Bulanan Cerdas Bagi Pemilik Bisnis Kecil

Adanya bisnis kecil di Indonesia menyumbang hampir 68% persen penyediaan lapangan kerja. Hal ini tentunya menjadi sebuah pencapaian yang luar biasa untuk usaha kecil yang memiliki keuangan terbatas. Biasanya sebagai pemilik usaha kecil,   mengelola penganggaran dan menempatkannya secara bijak tidaklah gampang. Oleh sebab itu, untuk mendapatkan sebuah konsep pengelolaan keuangan dengan baik dan kecerdasan finansial di situasi awal bisnis yang masih belum stabil. Seorang pengusaha harus memiliki kebiasaan penganggaran bulanan yang dapat dimulai dari hal-hal kecil seperti berikut dibawah ini.

 

Sisihkan Dana Darurat

Pada tahap awal menjalankan bisnis baru. Pendapatan masih belum stabil sehingga Anda perlu plan cadangan untuk mengimbangi kurangnya konsistensi ini. Sangat penting untuk memiliki dana talangan untuk mempertahankan bisnis anda. Anda bisa jadi tidak dapat mengontrol pengeluaran yang tidak diprediksi atau penurunan nilai ekonomi. Tetapi dengan mempunyai sejumlah dana yang telah disisihkan. Anda telah mempunyai penyangga keuangan kalau ada sesuatu kemungkinan buruk terjadi dalam bisnis serta keuangan bisnis.

Untuk itu, cobalah untuk menyisakan biaya pengeluaran antara tiga bulan dan satu tahun untuk dana darurat bisnis di setiap bulannya. Bila mungkin, otomatisasi proses penyisihan keuangan tsb sehingga Anda bahkan tidak menyadari bahwa dana Anda telah disisihkan. Uang yang telah disisihkan tsb bisa dipakai tidak hanya untuk menambah aliran pendapatan yang mudah dicairkan, tetapi juga dapat dipakai untuk memungkinkan perusahaan mempunyai target peluang yang lebih besar.

Tambahkan Potensi Biaya Tidak Terduga

Ketika mempunyai sebuah bisnis baru, Anda cenderung mempunyai banyak ide-ide baru yang cukup inovatif, datang secara tiba-tiba, dan membutuhkan biaya tak terduga. Merencanakan lebih dulu untuk anggaran biaya tak terduga adalah sebuah solusi keuangan cerdas. Tambahkan 20% dari total angga moran bisnis sebagai biaya tak terduga. Dengan mempunyai anggaran biaya tak terduga, Anda pasti akan merasa nyaman untuk menjalankan ide kreatif Anda yang datang tiba-tiba tanpa harus membebani uang bisnis.

Buat Anggaran dan Hindari utk Menghabiskannya

Cara ini adalah cara yang baik untuk membuat diri Anda bertanggung jawab jika Anda cenderung mengeluarkan terlalu banyak uang perusahaan untuk keperluan pribadi terkait bisnis. Misalnya, Anda dapat membagikan hal-hal berikut:

– Rp1.000.000 untuk makanan ringan dan makanan kantor.

– Rp2.000.000 untuk Inventaris kantor.

– Rp3.000.000 untuk makan malam bersama customer.

pakailah cara ini untuk merencanakan anggaran bulanan Anda dan kemudian jadikan sebagai panduan untuk tetap dalam parameter terkait apa yang dapat dan tidak dapat Anda habiskan. Jika Anda masih menemukan lebih banyak pengeluaran setiap bulan, gunakan hitungan penganggaran simple ini untuk menentukan berapa  yang akan masuk, berapa baiaya yang akan keluar, dan berapa jumlah biaya dalam jumlah total pembelanjaan Anda.

Menciptakan kebiasaan keuangan yang baik dan mempunyai anggaran bulanan yang tepat adalah cara termudah dan paling efisien untuk membiayai semua kebutuhan bisnis. Gunakan tips-tips anggaran keuangan di atas dan Accurate sebagai software akuntansi online untuk mengontrol transaksi bisnis Anda secara tepat dan efisien. Anda juga bisa melacak dan mencatatkan semua  transaksi keuangan dengan cepat dan realtime. Dapatkan semua informasi penting tentang Accurate di sini.

Close Menu