Manfaat & Cara Membuat Faktur Penjualan untuk Bisnis Anda

Untuk Anda yang sering belanja pastilah sangat mengetahui dengan faktur penjualan. Tahukah Anda? Nota belanja yang Anda dapati tersebut adalah Nota dari penjual. Sales invoice adalah lembar bukti tagihan atau transaksi kepada pelanggan atas pembelian barang atau jasa. Faktur penjualan biasanya dikasikan oleh penjual bersama dengan pengiriman barang atau jasa. Namun, beberapa supplier juga ada yang mengantarkan faktur penjualan setelah barang atau jasa diserahkan.

Bisa jadi beberapa orang bertanya, mengapa faktur setiap toko beda-beda antara satu sama lain? Bentuk faktur memang tidak diatur secara tetap, sehingga perusahaan dapat melakukan atau merubah bagian-bagian dari faktur cocok dengan kebutuhan mereka. Namun, seiring dengan kemajuan zaman dan kemajuan teknologi, faktur penjualan sekarang sudah banyak yang diedarkan oleh perusahaan dalam bentuk digital. Faktur perangkat teknologi ini merupakan bukti jual beli yang sah bahkan faktur tersebut dapat dipakai sekaligus menjadi faktur pajak.

Manfaat Faktur Penjualan

Faktur penjualan memiliki kegunaan dan efek seperti di bawah ini.

– Sebagai informasi barang/jasa yang konsumen beli.

-Sebagai informasi nilai bon dan syarat pembayaran yang mesti dibayarkan oleh konsumen.

-Sebagai dasar bukti koreksi, jika konsumen salah nerima barang yang dikirim oleh penjual maka konsumen dapat buat perbaikan atau komplain ke penjual dengan memakai faktur.

-Sebagai tembusan yang sah apabila barang atau jasa dijual lagi ke rekanan lain.

-Sebagai buktiĀ  bon yang sah untuk dimasukkan transaksi ke pembukuan bendahara perusahaan.

-Dapat dipakai untuk tembusan faktur pada perkara-perkara tertentu.

Accurate, Accurate Online, Program Pembukuan, Software Akuntansi

Cara Membuat Faktur Penjualan

Terdapat metode membuat faktur penjualan, pertama secara konvensional atau kedua secara modern. Cara menyelesaikan faktur secara konvensional atau manual yakni dengan cara ditulis pada kertas. Beri informasi yang lengkap seperti, identitas penjual dan pembeli, detail pembelian, jumlah yang harus dibayar, dan lain-lain. Selain itu, kalau Anda merasa tidak cocok dengan cara tersebut maka Anda dapat menggunakan buku faktur atau buku nota. Buku nota ini banyak yang sudah menjualnya, Anda dapat mencarinya di toko buku. Di dalam buku nota format faktur telat dibuatkan, sehingga Anda hanya menulis informasinya saja.

Close Menu