Cara Pengerjaan Rekonsiliasi Bank Pada Accurate 5

Pada program pembukuan Accurate 5 yang dijual resmi oleh Agen Resmi yaitu PT. Semesta Pasti Mendukung dengan nomor contact person : 085370838199 memiliki modul Rekonsiliasi  Bank yang membantu pengerjaan bagian finance.

Modul rekonsiliasi bank ini terdapat pada bagian Kas & Bank | Rekonsiliasi Bank.

Adapun tujuan rekonsiliasi bank ini adalah :

  1. transaksi keluar dan masuknya dana terperinci secara jelas dengan pencairan nilainya.
  2. jika dana nya belum masuk ataupun keluar secara real terhadap bank ataupun kas nya maka dibantu ingatkan.
  3. untuk giro keluar dan masuk terkontrol.
  4. jelas masuk dari transaksi mana dan begitu juga keluar untuk pembayaran apa.

Cakupan modul-modul yang masuk dalam transaksi rekonsiliasi bank ini adalah :

  • transaksi penerimaan penjualan
  • transaksi pembayaran pembelian
  • transaksi pembayaran lain
  • transaksi penerimaan lain
  • transaksi bukti jurnal umum yang berhubungan dengan akun yang tipe nya kas & bank.

Cara pengerjaan rekonsiliasi bank ini bisa Anda lihat pada gambar di bawah ini :

Anda harus pilih akun kas ataupun bank mana yang ingin Anda rekonsiliasi. Disini saya contohkan adalah akun BCA IDR. Masukkan saldo rekening koran sesuai dengan saldo akhir pada rekening koran BCA per tanggal 4 oktober 2018. Di bagian bawahnya akan muncul semua transaksi yang mempengaruhi pada akun bank BCA ini. Anda koreksi jika nilai ataupun tanggal cairnya berbeda dengan realnya. Jika sudah oke maka Anda bisa menceklis “beres”. Transaksi yang tidak Anda centang beres maka dianggap transaksi ini menggantung. Dan akan tetap tampil di proses rekonsiliasi di tanggal selanjutnya. Tanggal terakhir rekonsiliasi adalah tanggal trakhir Anda merekonsiliasinya. Ini merupakan pemberitahuan saja. Ketika Anda klik priview setelah selesai Anda input, hasilnya menimbulkan sebuah laporan.

Laporan ini juga bisa Anda akses dari Laporan | Daftar Laporan | Kas & Bank | Rekonsiliasi Bank dan atur pertanggal kapan rekonsiliasi yang ingin Anda lihat. Di laporan ini akan di tampilkan transaksi mana yang telah direkonsiliasi dan transaksi mana yang belum terekonsiliasi.

So, finance Anda akan terbantu dengan modul ini untuk mengontrol keuangan perusahaan Anda. Segera gunakan sebelum kebocoran di perusahaan Anda lebih besar lagi.

Close Menu