3 Jenis Metode Promosi

Metode promosi untuk memasarkan sebuah produk, hal pertama yang mesti Anda kerjai adalah mencari tahu target pasar dari produk. Anda dapat menyadari suatu produk dterima atau tidak di pasar dengan mengerjakan riset pemasaran. Riset pemasaran adalah salah satu cara untuk memahami apa yang diinginkan oleh para konsumen dan calon konsumen.

Secara definisi, riset untuk mempromosikan atau dalam bahasa asing disebut research marketing adalah suatu kegiatan penelitian analitis yang bermulai dari perumusan masalah, tujuan penelitian, pengumpulan data, dan informasi, pengolahan data dan kemudian pemahaman hasil penelitian. Riset promosi ini biasanya dikerjakan oleh divisi/bagian marketing.

Objek riset metode promosi yakni untuk mencari dan menganalisa hal-hal yang diperlukan atau diinginkan oleh masyarakat, pasar ataupun pesaing. Karenanya, habis melakukan riset promosi anda dapat menyadari produk/jasa apa aja yang diperlukan, kualitas produk dan Anda juga dapat mengerjai proyeksi dan potensi permintaan akan produk/jasa dari bisnis Anda.

Diketahui beberapa macam metode riset pemasaran yang dapat dikerjai. Namun, saat ini hanya akan dibahas 3 jenis metode riset pemasaran yang bagus dan dapat membantu Anda mengurangi resiko produk Anda tidak laku dipasarin.

Kuesioner

Kuesioner adalah metode riset pemasaran dengan cara mengasihkan daftar pertanyaan tentang data yang kita butuhkan dan diperlukan untuk jenis bisnis yang dipilih. Sebelum mengerjai riset, Anda perlu mempersiapkan calon responden. Cobalah untuk milih customer atau calon customer potential sebagai responden yang dapat membantu Anda menjawab pertanyaan kuesioner. Pastikan responden yang Anda pilih punya kemauan bekerja sama untuk mengisi kuesioner dengan benar dan jujur. Jika perlu Anda dapat memberikan hadiah, insentif, atau kenangan sebagai komisi dan ucapan terima kasih.

Focus Group Discussion atau FGD

Mekanisme riset pemasaran yang kedua ini yakni dengan melakukan grup diskusi. Anda dapat melakukan sebuah grup atau golongan yang terdiri dari 18 orang atau lebih. Grup tersebut berisi moderator, 3 orang research, dan peserta responden. Moderator bertugas untuk menunjukkan jalannya diskusi, peneliti bertugas merekam dan mencatat pengamatan mereka atas respon,  tanggapan, dan komentar customer.

Close Menu