4 Jenis Pembukuan Sederhana Untuk Bisnis Startup

Pembukuan sederhana membutuhkan perkembangan teknologi dan internet di dunia bisnis menurunkan pengaruh yang sangat besar dan positif. Dengan dukungan kecanggihan teknologi, saat ini  siapapun dapat melakukan sebuah bisnis secara cepat dan efisien. Seperti yang kita ketahui, beberapa tahun ini banyak sekali bertambah entreprenuer muda yang buka bisnis startup. Secara penjelasan, startup adalah sebuah perusahaan yang operasinya minus dari 5 tahun.

Apabila anda ingin miliki pembukuan sederhana untuk startup, membuat rencana dan persiapan yang luas untuk membantu anda dalam menjalani bisnis tersebut. Selain inovasi dan kreativitas, juga perlu mengonsep masalah pembukuan bisnis startup. Pembukuan merupakan hal yang sangat penting untuk dibuat oleh suatu bisnis. dengan pendataan, anda dapat mengawasi perkembangan keuangan bisnis startup,menilai rencana, dan proses yang telah dikerjakan. Selain itu, pembukuan juga membentuk kewajiban suatu bisnis sebagai bentuk tanggung jawaban ke pihak yang berkepentingan, dan masih ada banyak keuntungan lain yang didapatkan dengan melakukan pembukuan. Setelah itu, jenis pembukuan apa saja yang mesti dimiliki bisnis startup.

Buku Pengeluaran

Buku pengeluaran yaitu catatan untuk setiap pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan startup anda. Semua pengeluaran hendaknya dicatat secara detail pada buku pengeluaran, baik pengeluaran dalam nilai kecil maupun nilai besar.

Buku Pemasukan

Sebagai halnya buku pengeluaran, buku pemasukan juga adalah catatan untuk setiap uang yang masuk ke bisnis anda. Usahakan catatan buku pemasukan ini dilakukan secara baik, setiap hari. Sehingga dalam periode bulanan, Anda dapat tepat mengetahui pendapatan yang masuk untuk bisnis anda.

Buku Aliran Kas

Semacam namanya, aliran kas kemudian pembukuan ini merupakan catatan semua hal yang berhubungan dengan kas perusahaan, baik untuk pengeluaran hingga pemasukan. Kas adalah salah satu aset yang menakdirkan likuiditas perusahaan, sehingga sebaiknya pencatatan pembukuan harus dikerjakan dengan teliti dan benar. Lalu, Anda juga sebaiknya mengerjakan pengawasan atau kontrol yang rutin, Karena kas juga berwatak restricted.

Buku Catatan Persediaan

Stok atau persediaan yaitu salah satu pemasti keberlangsungan penjualan suatu bisnis. Sehingga anda harus menetapkan bahwa persediaan ada pada saat penjualan, dan stok persediaan pada akhir periode juga tidak menumpuk banyak, karena dapat membuat kerugian. Karenanya, persediaan mesti selalu dicatat dalam pembukuan dengan sempurna. Pada saat terjadi penambahan atau terjadi pengurangan, dengan begitu anda dapat mengontrol operasional perusahaan startup anda secara mudah dan rapi.

 

 

 

 

 

 

 

Close Menu