Konsinyasi di Accurate Online

Pada pencatatan konsinyasi di Accurate online di bagi dijadi menjadi 2, barang konsinyasi merupakan barang titipan yang dititip untuk dijual. Jika barangnya sudah laku maka akan dibayar jika barang yang dibeli telah terjual. untuk pencatatannya di accurate onlie dibagi menjadi 2, yaitu sebagai pihak yang menerima titipan barang (consignee) dan yang menitipkan barang (consignor). Kali ini saya akan membahas pencatatan untuk pihak yang menitipkan barang.

A. PENCATATAN PIHAK YANG MENITIPKAN BARANG (CONSIGNOR) di ACCURATE ONLINE

Contoh Kasus : Perusahaan anda sebagai yang menitipakan barang dagang kepada PT. ABC sebagai yang menerima titipan barang. Barang yang akan dititip tersebut akan tersimpan di Gudang Utama.

Langkah – langkah yang perlu dilakukan di Accurate online, sbb :

  1. Dari menu Penjualan | Pelanggan, buatlah pelanggan konsinyasi, isikan data yang diperlukan terkait akan pelanggan tersebut. Pada tab penjualan tab penjualan, centanglah keterangan “ya, Perusahaan menitipkan barang ke perusahaan ini” pada baris konsinyasi. Dengan dicentangnya keterangan tersebut, maka accurate online akan otomatis membuatkan Gudang sesuai dengan nama pelanggan tersebut, misalnya PT ABC. Informasi daftar gudangnya, dapat dilihat dari persediaan | Gudang.
    Accurate Online
  2. Untuk penginputan saat barang akan dititipkan ke PT ABC, buatlah Pesanan Penjualan sejumlah barang yang akan dititipakan.
    Accurate Online
  3. dan ketika barang yang dititipkan akan dikirim ke PT ABC, maka input dari pemindahan barang dengan tipe “Kirim Barang”, pilih nama gudang dengan pengambilan barang sedangkan untuk tujuan gudang pilih nama gudang dengan nama PT ABC, klik ambil, pilih pesanan dan pilih nomor transaksi sesuai dengan nomor transaksi yang di buat di pesanan penjualan sebelumnya.
  4. Jika barang dititipkan tersebut sudah diterima di gudang PT Mitra, Lakukan pencatatan Terima Barang atas transaksi atas transaksi kirim barang  di tahap 2 diatas.
  5. Dan jika barang yang sudah dititip ke ABC terjual, selanjutnya buat faktur penjualan atas pesanan yang sudah di buat ke PT ABC dan pilihlah gudang sesuai nama pelanggannya yaitu PT ABC beserta salesmannya.
  6. Selanjutnya di Accurate Online lakukan proses seperti biasa dari penjualan yaitu buatlah pelunasannya dari menu penerimaan penjualan.
Close Menu