Cara Membatalkan Transaksi Yang Sudah Sempat Terinput di Rene 2

Sering kali saat terjadi pembatalan transaksi penjualan oleh pelanggan atau si kasir karena salah input. Transaksi yang sudah dibuat pada program RENE Kasir tersebut harus dibatalkan.

Jika barang yang sudah terpotong di penjualan ingin dibatalkan/ dihapus, maka stock barang tersebut harus kembali lagi ke gudang. Ini berlaku untuk keseluruhan barang yang ada pada Struk tersebut. Oleh karena itu tidak bisa dilakukan pembatalan untuk salah satu barangnya saja pada Struk tersebut.

Sedangkan jika ACCURATE dan RENE ada melakukan Sinkronisasi Online maka ketika melakukan membatalkan struk ini hanya mengupdate pada Program RENE saja, perlakuannya di ACCURATE tidak akan mengupdate pembatalan secara otomatis. Sehingga di program Accurate Dekstop harus melakukan Retur Penjualan secara manual, anda bisa melakukannya dengan cara menghapus Faktur Penjualan dan Penerimaan Penjualan pada Program Accurate.

Hal yang pelu di perhatikan untuk dapat melakukan pembatalan Struk pada Program RENE yaitu memillih Hak Akses bagi User untuk melakukan Pembatalan Struk. Cara membuat hak ases di program Rene 2 yaitu :

  • Buka dari Program RENE Administrator lalu pilih pada tab menu Perusahaan | Grup Pengguna | pilih Nama Grup Pengguna yang akan diberikan Otoritas/izin agar dapat melakukan Pembatalan Struk.
  • Pada bagian Rene 2 Cashier centanglah¬† kotak dialog Melakukan Void Struk, maka semua Pengguna yang ada pada Grup tersebut dapat melakukan Pembatalan Struk.
  • Lalu Klik Simpan

Apabila Anda sudah selesai memberikan Hak Akses bagi pengguna agar dapat melakukan Pembatalan Struk maka selanjutnya pembatalan Struk ini dilakukan pada Program RENE Kasirnya. Maka untuk melakukan Pembatalan Struknya dilakukan :

  1. Buka Program Rene kasir
  2. Pilih Tombol Kasir yang ada di samping kanan Komputer.
  3. Klik pada tombo Void Stuk.
  4. Pilih terlebih dahulu penjualan yang akan di batalkan.
  5. lalu klik tutup.

Agar Anda dapat melihat Laporan dari Pembatalan Struk yang telah dilakukan tadi, maka anda dapat dilihat pada Programm Rene Administator dengan cara :

  • Buka Rene Administator
  • Pilih Tabulasi Laporan
  • Daftar Laporan – Pilih Laporan Rincian Penjualan Perbarang
  • Lalu mengaktifkan variabel Status dan centang kotak Void
Close Menu