Cara Penggunaan Accurate 5 Untuk Pemula

Accurate 5 adalah program akuntansi buatan anak bangsa Indonesia, yakni produksi dari PT. Cipta Piranti Sejahtera. Accurate 5 yang diluncurkan pada 2015 ini adalah program akuntansi versi terbaru dari nomor-nomor seri sebelumnya. Penggunaan nya sangat mudah.

Pada versi Accurate 5 ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dibanding versi Accurate 4 yaitu adanya fitur e-Faktur dan e-PPh23.

Tahapan pertama menggunakan Accurate 5 bagi pemula meliputi:

  1. Persiapan data perusahaan
  2. Penginstallan Accurate 5 di PC/ Laptop
  3. Pembuatan database Accurate 5 yang baru
  4. Login ke database Accurate 5 yang telah dibuat
  5. Setup awal database baru dengan menggunakan basic setup

Persiapan yang harus dilakukan untuk data baru Accurate 5 :

a) saldo kas dan bank berdasarkan rekening koran yang terakhir saldo awal.

b) daftar hutang kepada pemasok dan piutang dari pelanggan

c) daftar stok untuk dijual meliputi nama barang, kode barang, tanggal dan jumlah barang, harga jual barang per unit, dan stok barang terakhir

Pembuatan database Accurate 5 yang baru

Database Accurate 5 ini dapat dibuat di harddisk PC/ Laptop sendiri, atau diletakkan di PC/ Laptop orang lain (server). Hal ini bergantung dengan pengaturan Accurate 5 pada saat instalasi tadi.

Langkah-langkah pembuatan database Accurate 5 baru adalah buka aplikasi Accurate 5 : klik “Create New Company” | pilih apakah database akan disimpan secara Local atau Remote | pilih lokasi folder penyimpan |klik “Ok”, dan tunggu prosesnya sampai selesai.

Terdapat 2 jenis setup data awal pada Accurate  yaitu basic setup dan advanced setup. Dan bagi seorang pengguna pemula cukup menggunakan basic setup karena telah memuat informasi dan perhitungan standar yang dibutuhkan untuk transaksi perusahaan pada umumnya.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah memilih bahasa yang digunakan. Lalu tahapan kedua adalah memilih jenis setupnya.

Pengisian setu awal dengan metode basic setup terdiri dari 7 langkah, yakni:

  • Mata Uang dan Info Perusahaan

Pada tahapan ini pengguna harus mengisi nama perusahaan, alamat perusahaan, dan jenis mata uang yang digunakan.

  • Informasi Kas dan Bank

Di tahapan ini pengguna Accurate 5 dapat mengisi nama kas bank (kas kecil, kas besar, kas transfer atau deposito), tanggal saldo akun kas/bank, dan current balance atau saldo kas/bank per tanggal saldo yang telah diinput.

  • Informasi Pelanggan

Di tahapan ini pengguna accurate 5 menginput nama pelanggan serta opening balance atau saldo piutang pelanggan (Di tahapan ini bisa dilakukan menginport dari excel)

  • Informasi pemasok

Di tahapan ini pengguna dapat mengisi nama pemasok dan current balance atau saldo hutang perusahaan kepada pemasok atau menginport dari file yang ada di excel.

  • Penentuan Metode Harga Pokok Persediaan

Pada tahapan ini pengguna memilih metode harga pokok persediaan yang terdiri dari 2 pilihan yakni average dan First In First Out, pilihan metode ini nantinya tidak akan bisa dirubah lagi.

  • Information Informasi Persediaan Barang

Pada tahapan ini pengguna mengisi informasi seperti kode barang, nama barang, tanggal dan kuantitas saldo barang, satuan unit barang, informasi harga beli terakhir dan informasi harga jual barang.

Close Menu