Tugas Akuntansi Bulanan

Pembukuan merupakan hal sangat penting untuk perkembangan bisnis anda. Hal yang anda dapat dari pembukuan yaitu tugas akuntansi bulanan. Dimana anda akan mendapakan laporan bulanan yang sangat diperlukan untuk kemajuan bisnis . Berikut akan dijelaskan apa saja yang didapat dari tugas akuntansi bulanan:

Menyeimbangkan Buku Cek Bisnis Anda

Hal ini sama seperti saat anda menyesuaikan rekening pribadi anda, anda perlu mengecek rekening koran dengan kas anda setiap bulan. Rekonsiliasi kas dan bank diperlukan agar anda terhindar dari kesalahan dan kelalaian, baik yang berasal dari anda atau pun dari pihak bank. Sehingga tidak menimbulkan kekeliruan dan dengan segera dapat diperbaiki.

Mengulas Piutang yang Belum Tertagih dan Menua

Pastikan anda memisahkan tagihan yang yang sudah atau belum jatuh. Hal ini bertujuan agar anda lebih mudah untuk menagih tagihan pelanggan yang telah melawati jatuh tempo. Awal bulan merupakan hal yang pas untuk anda untuk mengingat atau mengirimkan pengingat kepada pelanggan yang mau jatuh tempo. Sehingga klien anda akan segera membayar hutangnya kepada anda

Menganalisa Kondisi Persediaan

Jika usaha anda memiliki persediaan, ada baiknya anda menyisihkan waktu untuk menganalisa persediaan anda seperti melihat barang yang cepat terjual, barang yang lamban bergerak dan meninjau kondisi gudang secara berkala. Bandingkan sisa stok bulan lalu dengan bulan sekarang. Agar anda lebih mudah untuk melakukan penyesuaian untuk membebankan yang kurang atau lebih beban.

Mengulas Laba Rugi dan Neraca

Laporan laba rugi atau sering disebut dengan profit and loss statement mampu untuk memberitahu anda berapa dalam satu periode pendapatan dan kerugian anda. Anda dapat membandingkan dengan periode sebelumnya. Sehingga anda dapat melakukan evaluasi akan beban yang direncanakan yang seharusnya dikeluarkan. Begitu juga dengan neraca, anda dapat melihat perbandingan atas neraca dan kewajiban anda dengan periode sebelumnya. Sehingga anda dapat mengambil gambaran untuk mengambil keputusan dalam mengelola aset dan kewajiban anda. Kuncinya carilah hal yang penting. sebagai contoh jika piutang naik dikarenakan adanya peningkatan penjualan baru atau pembayaran yang atas tagihan pelanggan.

Tugas – tugas akuntansi di atas akan lebih mudah dilakukan dengan Menkalinan program akuntansi seperti accurate. Pekerjaan akuntansi akan lebih hemat waktu, lebih cepat, akses kapan pun di mana saja dan makin efisien. Kembangkan bisnis anda dengan mulai pembukuan dengan sekarang.

Close Menu