Kiat Pembukuan dan Akuntansi Simple yang Praktis

Untuk mengerjakan laporan keuangan tidak harus membosankan seperti makan sayur setiap hari. Akuntansi Simple Kuncinya tentu anda harus membuat rencana keuangan yang realistis dengan anggaran yang disepakati, dicatat transaksi yang benar dan ditinjau dengan benar petunjuk secara teratur dan pencatatan keuangan yang baik. Tiga laporan dasar keuangan yang penting seperti mengreviewe kesehatan kuangan anda seperti : Neraca, Laporan L/R dan laporan arus kas.

Jadi, kapan waktu yang tepat untuk melakukanya? Hal berikut dibawah ini dapat dijadikan Akuntansi Simple tips untuk mengurus pembukuan anda. Guna membuat anda terbiasa dengan kegiatan bisnis anda, maka akan sangat membantu dalam persiapan untuk laporan pajan anda.

Tugas Akuntansi Harian

Periksa Posisi Kas

Karena kas dan bank merupakan bahan bakar untuk bisnis, maka untuk menjalankan bisnis dengan kas dan bank yang kosong. Mulailah dengan menghitung jumlah uang anda ditangan saat ini. Untuk menghitung berapa pendapatan anda yang masuk dan pengeluaran untuk minggu atau bulan yang akan datang tidaklah begitu penting, Namun itu tidak akan menjadi gas untuk bisnis anda.

Tugas Akuntansi Mingguan

Catat Transaksi Keuangan

Catatlah setiap transaksi seperti piutang pelanggan, terima uang tunai dari pelanggan, membayar hutang ke vendor, dan lain – lain) pilihlah akun yang tepat secara berkala secara harian atau mingguan, tergantung pada volume transaksi dan kebutuhan. Walaupun anda dapat menginput transaksi secara spreadsheet di excel namun alangkah baiknya jika anda menggunakan software akuntansi seperti accurate. Pastinya manfaatnya jauh didapat lebih banyak dari saat menggunakan software akuntansi.

Dokumen dan Berkas Penerimaan

Simpanlah semua salinan dari tagihan yang kirim berupa penerimaan kas seperti uang tunai, cek dan kartu kredit deposito. Pembayaran Cash seperti tunai, laporan kartu kredit dan cek dan lain – lain. Mulailah dikelompokan berdasarkan supplier diurutkan sesuai abjad, gunakanlah berbagai tehnik pengelolaan untuk permudah akses.

Siapkan dan Kirim Faktur

Ada baiknya anda menggunakan syarat pembayaran, seperti faktur jatuh tempo 2 minggu. Tercatat sebagai 14 net di termsnya, tanda ada tengat waktu. Dengan begitu anda akan memiliki tenggat waktu untuk memiliki pendapatan yang sulit dipredisksi setiap bulan.

Mengulas Proyeksi Arus Kas

Pada tahun pertama anda memulai bisnis, mengelola arus kas sangat penting. Hal ini diperlukan untuk memprediksi berapa banyak uang yang anda perlukan dalam beberapa mingu atau bulan mendatang yang akan membantu anda untuk menyimpan cukup uang untuk keperluan membayar tagihan, biaya operasional, gaji karyawan.

 

Close Menu