Manajemen Sebuah Perusahaan Itu Sangat Penting

Kata manajemen pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita.  Pengertian dan fungsi manajemen secara umum memiliki sudut pandang dan juga persepsi yang berbeda-beda diantara kita. Namun semuanya memaknai sebagai satu hal yaitu pengambilan keputusan. Manajemen merupakan sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan dalam organisasi ataupun bisnis dengan bekerja bersama dengan sumber daya yang dimiliki.

Fungsi Manajemen

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa manajemen itu dasarnya adalah mengelola. Mengelola suatu permasalahan yang sebelumnya belum tersusun rapi atau teratur. Manajemen bisa dipakai di dalam kehidupan sehari-hari.

Jika Anda sudah biasa membentuk manajemen, maka Anda tidak akan merasa nyaman bila ada yang terlihat berantakan di sekitarnya. Kenapa? Karena Anda sudah terbiasa mengatur pekerjaan Anda.

Perencanaan (planning)

Perencanaan merupakan cara terbaik untuk mengejar dan membuat tujuan perusahaan Anda teraih dengan baik. Tanpa adanya perencanaan maka fungsi manajemen tidak dapat berjalan.

Tugas-tugas dari suatu perencanaan antara lain :

1) Membentuk target.

2) Membuat perencanaan kegiatan untuk mencapai suatu target.

3) Mengatur pelaksanaan untuk pencapaian target.

4) Menyusun anggaran biaya yang berhubungan dengan pencapaian target.

5) Membuat sistem operasional mengenai pelaksanaan pekerjaan.

Unsur-Unsur Manajemen, antara lain yaitu :

Human (Manusia)

Tujuan suatu manajer adalah mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Tanpa ada manusia, seorang manajer tidak akan mampu mencapai tujuannya.

Money (Uang)

Untuk melakukan berbagai kegiatan perusahaan diperlukan adanya peredaran uang. Dimana fungsinya untuk membayar gaji karyawan, membeli peralatan dan bahan-bahan. Anda dituntut harus mampu menggunakannya secara efektif supaya tujuan tercapai dengan menggunakan biaya yang rendah.

Materials (Bahan)

Material merupakan faktor pendukung utama di dalam perlakuan produksi. Material juga mempengaruhi kelancaran suatu proses produksi. Apabila Anda tidak memiliki bahan maka proses produksi tidak akan bisa berjalan. Contoh bahan-bahan yang diperlukan adalah bahan baku dan juga bahan pembantu untuk menunjang suatu proses produksi.

Machines (Mesin)

Saat ini teknologi sudah sangay maju sehingga perusahaan-perusahaan menggunakan mesin-mesin yang canggih untuk menunjang pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Methods (Metode)

Untuk melakukan kegiatan yang efisien, Anda diharuskan memiliki berbagai alternatif metode untuk melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, Anda pilihlah metode yang benar guna mencapai tujuan perusahaan itu.

Market (Pasar)

Pasar juga merupakan sarana yang penting untuk suatu manajemen. Tanpa adanya pasar maka hasil produksi Anda tidak ada artinya. Sehingga tujuan dari perusahaan Anda pun tidak akan tercapai.

Close Menu