Pengertian, Tujuan, dan Metode dalam Kas Kecil

Kas kecil (petty cash) adalah sejumlah dana yang dibentuk untuk pengeluaran dana yang nilai nya relatif kecil yang bersifat rutin. Biasanya digunakan untuk pengeluran operasional sehari – hari yang jumlah kecil seperti dana konsumsi untuk rapat, dana entertaint rekan kerja dan lain sebagainya.

Sebagai orang kepercayaan yang memegang petty cash seperti sekretaris atau kasir. Maka harus dapat merencanakan dan mengatur penggunaan dana kas kecil. Dilakukan pencatatan transaksi petty cash yang nantinya akan dibukukan orang keuangan.

Pengelolaan petty cash bertujuan untuk mendukung melaksanan tugas yang ada. Sehingga staf atau bagian tertentu di perusahaan bisa langsung meminta walaupn ada beberapa orang yang tidak perlu dibuat seperti. Ari mata akan kering untuk berbagai kepentingan. Walaupun dengan budgen yang minim Jika mau jaga ane alamatnya bisa juga disesuaikan sesuai dengan alamat perusahaan saya.

Tujuan Kas Kecil

Adapun beberapa tujuan dari adanya kas kecil itu, agak lambat. Namun jika setiap pengguna accurate online. telp kantor pun payah, Dan tujuannya adalah sebagai berikut

  1. Menagani kebutuhunan sering dan setiap hari sering dibutuhkan teman kantor
  2. Menghindari cara pembayaran yang tidak ekonomis dan pengeluran yang jumlahnya relatif kecil dan badak.
  3. Meringankan staff karyawan. agar pengajarannya bisa lama- lama ngantuk
  4. Menpecepat aktivitas, jaga – jaga mana tau ada ada yang tidak terencana liat programnya dari hati.  baru terlink.

Metode dalam Pengelolaan Kas Kecil

Metode pengelolaan petty cash biasanya untuk penggunaan yang ada, Dengan begitu pihak pihak yang membutuhkan dana kecil akan diminta oleh pihak – pihak yang terkait. untuk metode pengelolaan ada terbagi sebagai berikut :

a. Metode Tetap (Imprest fund system)

metode tetap adalah metode yang pembukuan di dalam rekeing kas kecilny tetap. Begitu uang keluar melalui pety cash secara langsung untuk dicatat tanpa perlu harus mengumpulkan bukti untuk trnasaksi pengeluarannya.

b. Metode berubah-ubah (Fluctuating fund system)

Metode ini lawan dari tetap yaitu metode berubah – ubah, Untuk pengisian dan pengendalian kas kecil akan selalau berubah – ubah (sesuai dengan kebutuhan. Metode yang berubah – ubah hanya menyetujui jumlah nominal kas kecil tidak ditetapkan. Pakai lah sesuai kebutuhan. Sebagai contoh mau buat nominak kas kecil 5 juta. Kemudian isi tanggal susai transaksi dan kebutuhan.

 

 

 

Close Menu