Fungsi dan Aktivitas Akuntansi

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Fungsi dan Aktivitas Akuntansi. Maka lebih baik pahami terlebih dahulu mengenai pengertian akuntansi. Definisi Akutansi merupakan kata yang berasal dari Accounting yang berarti klo diartikan dalam bahasa indonesia yaitu sebuah proses mengindetifikasi, mengklsifkasi, mecatat, menyajikan dan mengelola data yang berhubungan dengan transaksi dan keuangan supaya dapat lebih mudah dimengerti dengan tujuan agar lebih mudah mengambil keputusan yang tepat.

Fungsi Akuntansi

Akutansi bisa dikatakan dalam bahasa perusahaan yaitu menyajikan informasi berupa data – data keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Paling tidak perusahaan membutuhkan informasi mengenai laba / rugi perusahaan dan nilai perusahaan. Dengan akuntansi, anda sudah dapat mengetahui sejauh mana modal yang sudah dimiliki perusahan dan perkembangan pada suatu periode tertentu. Dengan adanya akuntansi. anda juga bisa mempresentasikan kondisi keuangan perusahaan secara tepat untuk mendapatkan pinjaman pada pihak kreditur. Proses akuntansi juga dapat dijadikan dasar menentukan kebijakan manajemen perusahaan danperhitungan pajak,

Aktivitas Utama dalam Fungsi Aktivitas Akuntansi

berikut akan dijelaskan beberapa dari aktivitas utama dalam akutansi, yaitu sebagai berikut :

Aktivitas Identifikasi

Aktivitas akuntansi identifikasi yaitu untuk mengindentifikasi transaksi – transaksi ataupun arus keuangan yang terjadi dalam perusahaan. Identifikasi ini penting agar bisa menghailkan data yang menyeluruh dan komprehensif.

Aktivitas Pencatatan

Setelah transaksi – transaksi diidentifikasi, maka selanjutnya aktivitas akuntansi tersebut dicatat untuk dijadikan dalam bentuk laporan keuangan.

Aktivitas Komunikasi

Setelah transaksi – transaksi dicatat dan diidentifkasi, maka langkah selanjutnya yaitu mengkomunikasikan hasilnya kepada pihak – pihak yang membutuhkan laporan untuk dijadikan informasi komunikasi. Baik untuk pihak manajemen perushaan (internal perusahaan) atau pun pihak luar perusahaan seperti investor dan kreditor.

Agar ketiga aktivitas akuntansi tersebut dapat berjalan lancar dan cepat anda dapat menggunakan software akuntansi. Salah satu software akuntansi yang paling banyak dipakai dan mudah digunakan saat ini yaitu software accurate. Dari namanya accurate yaitu akurat. Dapat menghasilkan laporan keuangan secara akurat. Aktivitas seperti identifikasi, pencatatn dan komunikasi akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien jika anda menggunakan software accurate. Penggunaan yang mudah dan dapat dilakukan secara online sehingga anda dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. dengan menggunakan internet di browser smartphone anda ataupun komputer anda.

 

Close Menu