4 Fungsi Rekening Koran bagi Perusahaan

Rekening koran merupakan rekening yang dikirim bank ke pada kita. Di dalamnya berisi transaksi yang terjadi di bank tersebut. Kelihatan penambahan dan pengurangan saldo banknya. Disertai dengan rincian transaksi per tanggal transaksi yang terjadi.

Biasanya rekening bank akan dicetak dan dikirim secara berkala kepada nasabah. Namun di Zaman digital seperti sekarang ini anda dapat melihatnya dengan mobile banking atau mendownload rekening koran kapan saja secara real time. Beberapa fungsi dari rekening koran, adalah sebagai berikut :

Memberikan Informasi

Rekening koran akan memberikan informasi ┬áberupa mutasi debit, saldo akhir bulan, mutasi kredit. Seluruh aktivitas transaksi dimuat sesuai urutan tanggal dan waktu terjadinya transaksi . Dan diketeranganya akan dicantumkan tindakan yang dilakukan nasabah apakah trasfer antar rekening atau tarik tunai. Nasabah juga mendapatkan informasi biaya – biaya seperti biaya administrasi, bunga dan lainnya secara terperinci.

Pembuktian Hukum

Saat ini, sering terjadi penipuan mengenai transaksi. Sebagi contoh anda ada melakukan pembayaran atas transaksi seperti transfer untuk belanja online. Namun setelah dikonfirmasi pembayaran pihak penjual tidak mengakui adanya transferan. Rekening koran dapat dijadikan bukti bahwa anda sudah melakukan transfer tanda bisa dicekal lagi.

Syarat Mengajukan Pinjaman

Biasanya perusahaan ingin melakukan tambahan modal ke bank atau pinjaman lainnya. Biasanya pihak kreditur akan meminta rekening koran untuk melihat histori transaksi yang terjadi. Dengan begitu pihak kreditur bisa menilai kelacaran bisnis anda dari aktivitas transaksi yang terjadi dari rekening koran anda. Ini menjadi bukti kuat untuk menunjukan bukti transaksi anda.

Pencocokan Transaksi Bisnis

Rekening bank juga dapat dijadikan pencocokan atas transaksi keuangan anda dengan rekening koran. Dan ini biasa dilakukan di setiap akhir periode. Hal ini sering disebut dengan rekonsiliasi bank. Seorang akuntan atau bagian keuangan akan mencocokkan saldo di bank dan buku bank anda beserta pencatatan transaksinya.

Proses rekonsiliasi ini biasanya akan dicek satu persatu. Namun hal ini tidak diperlukan lagi jika anda memakai program akuntansi seperti accurate danan akan membantu anda rekonsiliasi dengan cepat dan mudah. Accurate juga memiliki buku bank untuk melihat mutasi debit dan kredit anda secara detail dan bisa di filter sesuai tanggal.

Close Menu