Melunasi Hutang Dengan Piutang Atau Sebaliknya

Halo pengguna accurate, pada kesempatan kali ini saya akan membahas bagaimana cara melunasi hutang dengan piutang atau sebaliknya. Jika anda memiliki supplier anda adalah pelanggan anda juga. Tentu anda pernah mengalami pelunasan piutang dipotong dengan pembayaran hutang. Dan berikut akan dijelaskan cara penginputannya di Program Accurate.

Buatlah Pembayaran Pembelian

  1. Dari Menu Pembelian | Pembayaran pembelian | Pilih Pemasok, centang faktur yang akan dilunasi, pada kolom jumlah pembayaran sebesar jumlah hutang yang akan dibayar, selanjutnya tekan enter
  2. Klik kanan dibaris faktur tersebut, selanjutnya pilih Disc Info/Write Off, di tampilan informasi diskon tersebut, isikan jumlah diskon sebesar hutang yang mau dibayar dan untuk akun diskon, isilah dengan akun perantara. Tipe akun boleh kas dan bank atau aktiva lancar lainnya.
  3. Jika sudah klik ok, selanjutnya simpan dan tutup.

Buat Penerimaan Penjualan

Melunasi Hutang Dengan Piutang

  1. Dari Menu Penjualan  | Penerimaan Penjualan | Pilih Pelanggan.Ccentang faktur yang akan dilunasi, pada kolom jumlah pembayaran sebesar jumlah hutang yang akan dibayar, selanjutnya tekan enter
  2. Klik kanan dibaris faktur tersebut, selanjutnya pilih Disc Info/Write Off. Di tampilan informasi diskon tersebut, isikan jumlah diskon sebesar Piutang yang mau dibayar dan untuk akun diskon, isilah dengan akun perantara. Tipe akun boleh kas dan bank atau aktiva lancar lainnya.
    Melunasi Hutang Dengan Piutang
  3. Jika sudah klik ok, selanjutnya simpan dan tutup.

Buat Baru Akun Tipe Kas dan Bank

  1. Buat lah akun baru dari buku besar | Daftar Akun | Baru. Tipe akun pilih kas dan bank, Nama akun boleh diisi dengan Pos Silang. Setelah itu klik tombol simpan.
  2. Pada Pembelian | Pembayaran Pembelian, centang faktur yang akan dibayar, Isi jumlah yang dipotong di jumlah pembayaran. Pada bagian bank pilih pos silang (akun yang baru di buat tadi).
  3. Pada penjualan | Penerimaan Penjualan, centang faktur yang akan dibayar, Isi jumlah Piutang yang dipotong di jumlah pembaaran. Pada bagian bank pilih sebesar pos silang sebesar jumlah yang dipotong pada no 2.

Catatan : Nilai dari Akun perantara itu pada akhirnya akan 0

Close Menu