5 Manfaat Laporan Keuangan untuk Pengusaha

Setiap perusahaan memiliki transaksi keuangan. Dimana ada biaya masuk dan keluar, agar lebih gampang menampilkannya maka perlu dibuat laporan keuangan.  Kelihatan dengan jelas berapa biaya yang dikeluarkan dan uang masuk dari pendapatan. Manfaat Laporan Keuangan dengan mudah anda akan mengambil keputusan.

Sebelum menuju laporan keuangan diperlukan tahap pencatatan keuangan atau lebih disebut proses pembukuan. Pada proses ini akan dikumpulkan informasi berupa harta, hutang, piutang, modal, pendapatan dan biaya. Proses ini akan di gabungkan ke dalam laporan keuangan dalam suatu periode

Laporan keuangan menyajikan kondisi keuangan perusahaan, kinerja karyawan dan perubahan modal. Namun banyak pengusaha yang tidak menyadari pentingnya laporan keuangan ini. Berikut akan dijelaskan beberapa manfaat yang didapatkan dari membuat laporan keuangan.

manfaat laporan keuangan

Manfaat Laporan Keuangan Memisahkan Aset Bisnis dengan Aset Pribadi

Manfaat Laporan Keuangan dapat memisahkan aset bisnis dengan aset pribadi. Tidak bercampur keuangan pribadi dengan Bisnis. Dengan begitu bila terjadi dengan bisnis anda tidak akan mengganggu aset pribadi anda. Selain itu akan membuat anda disiplin dalam mengatur keuangan. Tidak memakai uang bisnis untuk pribadi, begitu juga sebaliknya.

Acuan Penting Dalam Pengambilan Keputusan

Manfaat Laporan Keuangan akan membantu manajemen keuangan untuk melihat kondisi keuangan bisnis pada periode tertentu. Perusahaan dapat melihat apakah kondisi perusahaan sedang sehat, kritis atau bangkrut. Dengan begitu perusahan dapat mengambil keputusan seperti pembelian aset, mencari modal, kenaikan gaji, bonus dan masih banyak lagi.

Informasi untuk Perhitungan Pajak

Laporan keuangan juga berperan penting untuk mendapatkan informasi pajak yang dijadikan sebagai dasar perhitungan pajak. Di dalam laporan keuangan ini akan dikelola lebih lanjut untuk menentukan besarnya pajak terhutang dalam perusahaan.

Melihat Jumlah Keuntungan

Dalam suatu bisnis tentunya anda akan mengalami suatu fase dimana keuntungan lagi banyak atau sedikit. Dengan pendapatan yang tinggi apakah benaran tinggi. ada biaya – biaya yang juga dikeluaran dalam suatu fase. Sehingga dengan ini anda dapat melihat melalui debit kredit. Dan anda dapat melihatnya secara transparan.

Laporan Ke Pihak Luar

Laporan keuangan adalah mediasi yang akan menyampaikan kondisi keuangan perusahaan ke pihak luar. Seperti Bank untuk pinjaman bank, Pajak, Pemerintah atau pun lembaga keuangan lainnya. Biasanya mereka akan meminta laporan keuangan sebagai syarat untuk kerja sama atau keperluan lainnya. Mereka dapat melihat masa depan perusahaan anda kedepannya. Untuk perusahaan yang sudah go publik maka akan mengupload laporan keuangannya ke bursa modal atau saham.

Close Menu