Cara Input Piutang Karyawan pada Accurate

Halo pengguna accurate, pada kesempatan kali ini saya akan membahas pinjaman karyawan piutang karyawan pada accurate. Pada perusahaan ada yang memberikan pinjaman ke karyawan, bagaimana jika anda memiliki banyak karyawan yang perlu di input satu – satu berapa pinjamannya. dan mengetahui sisa piutang per karyawan. Berikut akan dijelaskan cara penginputannya di accurate.

Cara Input Piutang Karyawan pada Accurate

Pilihan 1

pertama buatlah akun piutang karyawan dengan tipe piutang, dan di daftar | Pelanggan, buat daftar karyawan anda. Dan nantinya pada saatnya ada menginput transaksi dari menu buku besar – bukti jurnal umum, pilihlah akun – piutang karyawan Piutang Karyawan pada Accurate yang telah di buat tadi. Maka di bagian kolom subsidiary ledger akan diminta nama karyawan yang pinjam ataupun bayar.

Dengan cara ini, Maka data pelanggan dan karyawan anda berada di satu tempat, yaitu di daftar | Pelanggan. Untuk membedakannya, anda bisa melakukannya di tipe pelanggan.  anda bisa melakukan filter pelanggannya dengan memilih tipe pelanggannya. Ataupun memfilter pada saat melihat di laporan.

Pilihan 2

Pada tahap kedua ini anda membedakan saldo piutang per karyawan dengan membuat akun baru. Dari buku besar – akun baru – buat – pilih tipe akun aktiva lancar lainnya – nama akun isi dengan nama karyawan. Cara ini kurang begitu efektif, karena akan membuat daftar akun yang panjang pada laporan keuangan – neraca. Hal ini dilakukan jika memang diperlukan dalam laporan keuangan. Selanjutnya tinggal input transaksinya melalui buku besar – bukti jurnal umum. Atau dapat juga diinput dari kas dan bank, pembayaran atau penerimaan.

Pilihan 3

Cara ketiga yaitu dengan membuat akun piutang karyawan. Dan input transaksinya di pembayaran pinjaman karyawan. buat transaksi nya di kas dan bank pembayaran. lalu di bagian payee isi dengan nama karyawan yang bersangkutan. Nanti setelah itu bisa dilihat hitory transaksinya melalui laporan | kas dan bank  | Pembayaran. klik modifikasi | kolom dan filter terpilih | di payee filter nama karyawan yang bersangkutan

Seteleh di terima pembayaran atas pinjaman karyawan dapat di input di kas dan bank penerimaan. Namun sebelumnya kita harus melihat dua laporan untuk satu history karyawan. Kalau penerimaan pembayaran dari pinjaman karyawan dapat di input di kas dan bank – pembayaran dengan nominal tanda minus misalnya (-100)

Close Menu