Menghitung Kinerja Keuangan Melalui Profitabilitas Perusahaan

Sehat atau baiknya perusahaan tidak diukur dengan fisik perusahan seperti gedung, lokasi dan pembangunan. Namun perlu dilihat dari Profitabilitas Perusahaan. Keuangan merupakan alat ukur untuk mengevaluasi perusahaan apakah kebijakan selama ini yang telah dilakukan sudah tepat. Banyak perusahaan yang bangkrut karena keuangan yang tidak sehat. Inilah makanya perlu dibuat analisis kinerja keuangan.

Analisis kinerja keuangan dapat dilihat dari Profitabilitas Perusahaan dan resiko perusahanan. Profitabilats dilihat dari keuntungan yang di dapat perusahaan, sedangkan resiko yaitu kemungkinan kebrangkutan yang akan di alami perusahaan. Dalam hal ini kita akan jelasakan analisis kinerja keuangan dari profitabilitas

  • Gross Profit Margin

Dalam perhitungan GPM berarti setiap Rp 1,- Pendapatan dari penjualan mampu menghasilkan berapa % laba kotor. Jika Profitabilitas tinggi. Namun perlu tetap ada hitungan GPM, sangat dipengaruhi oleh HPP. Semakin tinggi, semakin Gross Profit yang didapatkan.

  • Net Profit Margin

Apabila Gross Profit selama setahun tidak ada perubaha, sedangkan net profit marginnya mengalami penurunan. NPM akan semakin turun jika omest tetap , sementara biaya makin mesar.

  • c. Return On Investment (ROI)

Artinya kemampuan laba yang dihasilkan dari aktiva yang digunakan. berapa persen laba yang didapat dari total aktiva yang digunakan.

Perhitungan rasio profitabilita ini sangat diperlukan oleh investor untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba berdasarkan nilai aset yang digunakan. Hal ini juga diperlukan oleh kreditur (bank) untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam membayar hutang. Sejauh apa keuntungan yang didapatkan dari aset yang digunakan. Akan terlihat jelas tingkat efesiensi perusahaan.

Agar mempermudah anda dalam mengukur ketiga profitabilitas diatas. Anda dapat menggunakan software akuntansi. Software accurate dapat membantu anda untuk menghasilkan laporan keuangan. Dari laporan keuangan yang anda dapatkan seperti neraca atau laba/rugi. Anda dengan gampang menghitung tingkat profitabilitas.

Anda tidak perlu menggunakan konsultan keuangan atau pembukuan yang mahal untuk mengukur tingkat profitabiltas anda. Dari transaksaksi sehari – hari yang diinput sudah terjurnal otomatis. Penggunaan fitur yang lengkap dan mudah. Bisa akses secara online atapun offline. Tunggu apa lagi, silahkan coba free trial dari accurate disini

Close Menu