Cara Menentukan Saldo Awal Untuk Perusahaan Yang Sudah Berjalan

Ketika suatu perusahaan sudah berjalan lama aktivitasnya sering kali permasalahan yang harus dihadapi adalah saldo awal menjadi rintangan untuk perubahan sistem yang ingin dipakai.

Apabila ada perlakuan perhitungan stok yang gunanya untuk menjadi saldo awal harus menghitung dan memakan waktu. Sehingga transaksi penjualan pun harus diberhentikan. Kebanyakan perusahaan menganggap hal ini sangat merugikan. Pendapatan harus berhenti.

Untuk hal ini sebenarnya ada solusinya. Adapun caranya yaitu :

  1. Untuk barang yang keluar Anda harus catat manual.
  2. Stok yang masuk Anda harus berhentikan atau Anda alihkan ke tempat yang lain.
  3. Anda hitung sisa stoknya lalu Anda tambahkan dengan kuantitas yang sudah terjual sebelumnya. Contohnya : perubahan program mulai tanggal 10 september 2018 namun stok bisa dihitung tanggal 13 september 2018. Anda catat secara manual penjualan stok dari tanggal 10 – 13 september 2018. Ketika Anda sudah mendapatkan sisa stok, maka Anda jumlahkan sisa stok tersebut dengan total stok yang keluar dari tanggal 10 – 13 september 2018. Jumlah tersebut lah yang menjadi kuantitas saldo awal pertanggal 10 september 2018 Anda.

Nah di program Accurate ada cara lain untuk Anda bisa memulai pencatatan transaksinya tampa memusingkan lagi masalah saldo awal. Caranya yaitu :

  1. Anggap Perusahaan Baru. Saat memulai memakai program Accurate maka anggap saldo awal Anda 0. Semua barang yang mau dijual maka anggap harus ada pencatatan pembelian. Proses ini memang lumayan cukup memakan waktu yang lama. Sehingga untuk mendapatkan modal barangnya lumayan susah diperkirakan. Apalagi jika stok barang Anda digolongkan besar.
  2. Penyesuaian 3 bulan berturut-turut. Cara ini dimulai dengan pencatatan transaksi pembelian dan penjualan tampa mempertimbangkan saldo awal. Namun pada akhir bulan nya, Anda diwajibkan menghitung stok sebagian secara random (tidak semua barang langsung dihitung). Ini dilakukan dalam kadar waktu 3 bulan berturut-turut. Kelemahan pada proses ini yaitu Adanya kesilapan dalam menghitung stok yang secara random tersebut.

Yah permasalahan stok memang sangat mengkhawatirkan. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda hitunglah secara teliti dan hasilnya Anda masukkan ke dalam program Accurate. Memang hal ini sangat rumit namun kedepannya  Anda tidak merasa ribet. Anggota Anda sudah bisa diberi pertanggungjawaban.

 

Close Menu