Penginputan Pesanan Pembelian Berdasarkan Proyek Kontraktor

Penginputan pembelian pada program Accurate dimulai dari modul : Permintaan Pembelian | Pesanan Pembelian | Penerimaan Barang | Faktur Pembelian. Nah untuk pesanan pembelian Anda bisa input berdasarkan permintaan barang ataupun proyek yang lagi berlangsung tepatnya pada bagian RAB nya.

Proses ini biasanya dilakukan jika perusahaan tersebut menganut sistem barangnya tidak melakukan stok barang di gudangnya untuk perlakuan proyeknya.

Terlebih dahulu Anda harus membuka master proyeknya pada bagian Persiapan | Preferensi | Fitur. Centang lah modul “multi proyek” nya. Setelah itu Anda buatlah aktivitas proyeknya dari modul Proyek | Proyek.

Oh iya, untuk varian Accurate yang Anda harus gunakan untuk aktivitas proyek kontraktor ini adalah Accurate 5 Deluxe Edition. Dan varian ini dijual resmi oleh agen resmi Accurate hanya di nomor : 085370838199. Jika Anda tidak membelinya secara resmi, maka permasalahan yang ada di Accurate tidak akan diberikan support. Begitupun untuk masalah upgradenya.

Kembali ke pembahasan mengenai input PO (purchase order) berdasarkan RAB proyek kontraktor Anda. Anda harus menginput RAB nya secara lengkap. Artinya, nama material dan biaya langsung nya, Anda harus input. Jadi Anda harus menginput master nama materi nya sebagai tipe barang yang “persediaan”. Bersamaan dengan itu, Anda harus memasukkan nilai jual dan nilai anggarannya. Lalu Anda masukkan pekerjaan-pekerjaan proyeknya. Perpekerjaannya, Anda harus input nama materi pada bagian bawahnya. Nilainya dan anggarannya akan otomatis keluar dan terhitung berdasarkan nilai yang Anda masukkan sebelumnya.

Setelah selesai RAB nya Anda input, kita beralih ke penginputan pesanan pembelian berdasarkan proyeknya. Anda klik modul Pembelian | Pesanan Pembelian. Masukkan nama supliernya. Pada bagian atas klik “ambil dari proyek” dan pilihlah nama proyeknya.

Setelah itu Anda klik itu, maka material yang akan keluar adalah material pekerjaan yang ada di RAB Anda. Input lah nilai beli nya. Lalu simpan dan tutup.

Beda lagi jika Anda menginput tagihan subcon proyek. Saat Anda menginput RAB nya, Anda harus mencentang bagian “subcon” jika pekerjaan itu hendak di subcon. Nah pada saat input faktur pembelian akan muncul juga “ambil dari proyek”

Close Menu