Nilai Pendapatan Laporan Laba Rugi Berbeda dengan laba item per customer

Laporan laba rugi di accurate berasal dari transaksi penjualan barang sehingga laba kotor di laporan L/R sama dengan laba bersih di laporan penjualan. Namun nilai laporan laba  rugi berbeda dengan laba item per customer dapat disebabkan karena :

Nilai Laporan  Laba Rugi Berbeda dengan laba item per customer

  • Kemungkinan adanya akun penjualan yang berasal dari jurnal voucher, bukan dari transaksi faktur penjualan. Untuk mengetahuinya anda dapat melakukan langkah sebagai berikut :
  1. Lihat dari daftar | daftar akun
  2. di tipe akun | pilih tipe penjualan
  3. klik kanan pada akun penjualan | pilih history
  4. Filter tanggal yang telah disesuaikan
  5. Buang centang filter tipe untuk faktur penjualan dan retur penjualan
  6. Perhatikan apakah ada transaksi yang timbul.
  • Perhatikan akun – akun pada setiap barang, pastikan GL pada akun penjualan, retur penjualan dan diskon barang tidak ke akun pendapatan. Untuk mengeceknya anda dapat melakukan langkah – langkah sebagai berikut :
  1. Perhatikan dari persediaan | barang dan jasa, Klik tombol print.
  2. klik modifikasi | kolom dan filter terpilih, klik bagian akun penjualan, di kolom terfilter centang akun – akun selain yang seharusnya digunakan
  3. Begitu juga pada akun retur penjualan. Di bagian kolom terfilter centanglah akun – akun selain yang seharusnya digunakan.
  4. Pada Akun potongan penjualan, centang akun – akun selain yang seharusnya dipakai.
  5. Perhatikan, apakah ada barang yang muncul.
  • Hal ini juga tidak menutup kemungkinan berasal dari transaksi uang muka penjualan. Dimana item yang digunakan adalah yang bertipe non persediaan. Pastikan juga kalau akun penjualannya tidak terpilih ke akun pendapatan.
  • Bisa juga dari jumlah diskon pada penerimaan penjualan. Pada saat itu akun diskon ada yang mengguanakan akun pendapatan.

Dari uraian diatas dapat disimpulkan perlu yang namanya settingan awal. Hal ini untuk menghidari kesalahan dilaporan keuangan. Segala yang otomatis pasti ada setingan awalnyan agar bisnis dapat berjalan. Cara kerja Otak manusia tidak suka bekerja dalam dua hal sekaligus. seperti contoh anda memasak telur, tiba – tiba anak anda menangis. Pasti anda akan heran kenapa bisa seperti itu. Sebenarnya ada guru dibalik guru. Yang sedang memantau dari kejauhan.

Close Menu