Tips Mengembangkan Usaha Dengan Modal Kecil Secara Cepat

Banyak dari sebagian orang ingin menjadi pengusaha sukses. Namun tidak semua orang dapat mewujudkannya. Untuk membuat bisnis menjadi besar tidaklah semudah membalikan telapak tangan. Selain membutuhkan modal anda juga perlu mempersiapkan mental agar tidak gampang menyerah dalam menghadapi hambatan dalam menjalankan usaha dengan modal kecil.

Pilih Jenis Usaha

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah memilih jenis usaha dengan modal kecil. Ada baiknya anda memilih bisnis yang sesuai dengan hobi. Cobalah yang selama ini anda menghabiskan uang untuk sebuah hobi. Jadikan sebagai sumber uang. Sebagai contoh anda hobi traveling anda dapat menjalankan usaha trave. ticketing, fotographer dan lainnya.

Manfaatkan Peralatan yang Dimiliki

Jika anda memulai bisnis, anda dapat menggunakan peralatan yang ada. Anda tidak perlu menggunakan peralatan yang baru ataupun yang canggi. Setelah usaha anda mulai berkembang anda dapat membeli peralatan yang baru.

Pilihlah Lokasi yang Tepat

Lokasi merupakan hal terpenting dalam merintis usaha dengan modal kecil. Dengan lokasi yang tepat, peluang bisnis anda untuk lebih berkembang lebih tinggi. Namun anda dapat mengelola lokasi sekitar rumah anda seperti teras atau garasi rumah. Perusahaan raksasa seperti Apple, Google dan amason memulai bisnis mereka dari garasi rumah.

Manfaatkan Social Media

Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk pemasaran ataupun promo gratis. Dengan sosial media anda dapat menjangkau pelanggan anda dari dalam ataupun luar negri. Cobalah untuk memposting gambar ataupun tulisan yang menarik yang bisa mendatangkan pelanggan yang penasaran untuk mencobanya.

Gunakan Modal dengan Bijak

Hindari membeli barang yang belum terlalu dibutuhkan. Belilah seperlunya saja untuk usaha anda. Karena jika anda membeli barang yang tidakĀ  begitu penting. Hal ini akan agar tidak salah membelanjakan modal usaha anda

Libatkan Orang Terdekat

Libatkan orang – orang terdekat anda seperti kakak, adik, sepupu untuk membantu usaha anda. Hal ini dikarenakan mereka pasti tidak begitu banya menuntuk. Setelah usaha anda semakin maju anda dapat mencari karyawan sesuai dengan kritera yang anda tentukan sendiri.

Pandai Dalam Membagi Waktu

Anda harus disiplin dalam menjalankan bisnis anda. Jika perlu kerja buatlah kerja (job list) pekerjaan apa yang harus anda kerjakan terlebih dahulu. Jangan biasakan untuk menunda – nunda pekerjaan. Hal itu akan membuat anda ketinggalan oleh pesaing.

Close Menu