Pengingat Hutang Piutang Pada Program Accurate

Hutang Piutang sangatlah perlu dikontrol dalam sebuah perusahaan. Hutang diatur untuk menjaga pengeluaran yang keluar dibanding dengan manfaat barang-barang yang di beli. Jangan sampai manfaat nya tidak sebanding. Sedangkan Piutang dikontrol untuk menjaga agar dana tidak lama tertahan sehingga akhirnya dana tersebut tertelan di pelanggan karena pelanggannya kabur.

Di dalam program Accurate 5 Dekstop ada modul untuk mengingatkan hutang piutang yang akan jatuh tempo. Tapi tahukah Anda settingan ini kontrolnya untuk tiap komputer. Jadi jika Accurate Software Anda gunakan pada 2 komputer yang sama, settingan ini bisa beda walaupun menggunakan login yang sama. Pengaturan ini dari modul : Persiapan | Preferensi | Pengingat seperti gambar berikut ini :

Dan pengaturan ini jika Anda atur pada komputer pertama, di komputer kedua pengaturannya tidak akan sama. Hasilnya pada bagian pengingat hutang piutang yang jatuh tempo antara komputer pertama dan komputer kedua bisa beda hasilnya. Pengaturan berapa hari diingatkan jatuh temponya bisa Anda atur seperti gambar di bawah ini :

Namun di laporan hutang beredar yang dari modul : Laporan | Daftar Laporan | Akun hutang & pembelian, nilai hutang antara komputer yang 1 dan komputer yang ke 2 hasilnya sama. Begitu juga dengan piutang beredar yang dari modul : Laporan | Daftar Laporan | Akun Piutang & Penjualan, nilai rincian piutang dan totalannya sama.

Begitu juga untuk histori barang yang memunculkan harga. Hal ini juga di atur per komputer bukan pengaturan dari tingkatan user nya. Jadi jika Anda memberi hak user Anda untuk bisa melihat harga histori barangnya maka Anda harus atur langsung pada komputernya.

Selain pengontrolan piutang dari pengingat, Anda juga bisa mengatur piutang pelanggan dari platfon pelanggan juga. Namun pengaturan ini Anda atur dari master pelanggannya, tepatnya pada tabulasi termin. Platfon nya diatur dalam 2 aturan, yaitu jangka waktu tempo piutannya dan nilai piutangnya juga.

Untuk user yang tingkatannya Admin, hal ini tidak berlaku, sifatnya hanya reminder. Jadi transaksinya bisa saja dilewati. Jika tingkatan usernya adalah User, hal ini dikunci. Untuk membukanya, tingkatan Admin harus mengedit pengaturan platfonnya.

Close Menu